SEA Games 2021: Kontingen Indonesia Sulit Cari Makanan Halal di Vietnam

Sejumlah ofisial dan atlet Indonesia kesulitan mencari makanan halal yang disediakan panitia SEA Games 2021 di Vietnam

 Atlet Indonesia Pieter Diandra Ariesta (kanan) melncarkan pukulan ke arah lawannya asal Filipina Cordero Gretel De Paz (kiri) dalam pertandingan babak final kelas -56 kilogram putri nomor full contact Kickboxing SEA Games 2021 Vietnam di Bac Ninh Gymnasium, Bac Ninh, Vietnam, Jumat (13/5/2022).  (Antara/Aditya Pradana Putra)

SOLOPOS.COM - Atlet Indonesia Pieter Diandra Ariesta (kanan) melncarkan pukulan ke arah lawannya asal Filipina Cordero Gretel De Paz (kiri) dalam pertandingan babak final kelas -56 kilogram putri nomor full contact Kickboxing SEA Games 2021 Vietnam di Bac Ninh Gymnasium, Bac Ninh, Vietnam, Jumat (13/5/2022). (Antara/Aditya Pradana Putra)

Solopos.com, JAKARTA–Sejumlah ofisial dan atlet dari berbagai cabang olahraga dari Indonesia mengeluhkan kesulitan mencari makanan halal di Vietnam saat bertanding di SEA Games ke-31.

Manajer tim kickboxing Indonesia, Neneng Nurosi Nurasjati, mengaku harus ekstra selektif memilih agar tidak memakan makanan nonhalal.

PromosiIndustri Global Nantikan Pencabutan Penuh Lockdown Shanghai Per 1 Juni

Di hotel tempat dia tinggal tidak membedakan mana makanan halal dan yang tidak.

“Baru dua hari lalu ada space untuk muslim, tapi itu pun hanya sedikit, dan seperti tidak ada pilihan,” ujar Rossi, Sabtu (14/5/2022).

Menurut dia, tim Kickboxing Indonesia telah tiba di Vietnam sejak 4 Mei lalu.

Baca Juga: SEA Games 2021: Terima Kasih Coach, Ditunggu di Final Ya…

Hal itu, menurut dia, berbeda dari kondisi saat SEA Games Filipina 2019, di mana pihak hotel sudah membedakan area wilayah makanan yang dapat dimakan oleh muslim dan nonmuslim.

“Saya sudah menyampaikan kepada LO, LO kan menyampaikan kepada Organizing Committee di sini. Organizing Committee kan pastinya langsung ke hotel, cuman saya tidak tahu kalau di hotel kok bisa lambat,” ujar perempuan berhijab tersebut.

Alhasil, Rossi mengatakan dia bersama tim yang muslim — tiga atlet dan satu pelatih — memilih makanan yang sudah pasti halal, seperti salad dan buah, juga telor rebus sebagai sumber protein.

“Saya juga selektif buat yang digoreng-goreng, masih tanya ini pakai minyak babi atau enggak. Tapi kebetulan saya juga bawa makanan dari Indonesia, bawa abon, itu saja.”

Meski begitu, keterbatasan makanan halal, menurut dia, tidak mengganggu performa tim nasional kickboxing, yang baru saja menuntaskan pertandingan cabang olahraga dengan dua emas, satu perak dan satu perunggu.

Baca Juga: SEA Games: Atlet Kickboxing Putri Sumbang Mendali Emas untuk Indonesia

“Sama sekali tidak mengganggu, kebetulan yang nasrani juga banyak. Selain itu, mereka juga tidak bisa banyak makan karena kondisi setiap hari itu harus timbang berat badan. Makanan yang cukup juga masih ada yang halal, cuman memang lagi-lagi harus selektif,” ujar dia.

Kondisi yang sama juga dirasakan timnas futsal. Wakil dari Federasi Futsal Indonesia, Iin Nurindra, mengatakan telah meminta kepada penyelenggara untuk menyediakan makanan halal.

Di hotel tempatnya tinggal, di provinsi Ha Nam, sekitar satu jam dari pusat kota Hanoi, Iin mengatakan semua makanan digabung di satu meja buffet.

“Malaysia komplain, besoknya dipisah, sehari masih ada meja terpisah walaupun menunya jadi minoritas, misalnya cuman bakmi goreng, nasi sama ayam goreng,” kata Iin.

“Mungkin mereka agak bingung, halal itu bagaimana, agak susah ya kalau bercerita halal sebenarnya, akhirnya kita bilang, pokoknya ayam, jangan pork.”

Iin juga mengatakan bahwa kondisi tersebut tidak mempengaruhi para atlet, “karena kita masih punya pertandingan yang harus kita pikirkan,” pungkas dia.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Konsumen dan Aktivis Desak McDonald’s Asia Tinggalkan Kandang Baterai

+ PLUS Konsumen dan Aktivis Desak McDonald’s Asia Tinggalkan Kandang Baterai

Koalisi organisasi perlindungan hewan Act for Farmed Animals bersama Open Wing Alliance menyelenggarakan protes massal menuntut McDonald’s Asia menghentikan penggunaan telur ayam dari kandang baterai.

Berita Terkini

Ronaldo Kwateh Tak Masuk Timnas Indonesia Senior, Ini Penyebabnya

Ronaldo Kwateh baru berusia 17 tahun dan sempat membela Timnas U-23 dalam meraih perunggu SEA Games 2021 di Vietnam beberapa hari yang lalu.

Wow, Seleksi Persis Solo Women Banjir Peserta

Banyaknya pendaftar membuat seleksi tim Persis Solo Women banjir peserta.

Kalahkan 3 Kabupaten, Ini Target Tim Sepak Bola Popda Solo Selanjutnya

Tim sepak bola Popda Kota Solo mengalahkan wakil Kabupaten Klaten sengan skor 2-0 di Stadion Trikoyo Klaten pada Selasa (24/5/2022).

Final Liga Champions: Profil Skuad dan Daftar Pemain Real Madrid

Berikut daftar pemain Real Madrid sebelum duel final Liga Champions 2021/2022 di Prancis, Minggu (29/5/2022) dini hari WIB.

Setelah Bek Brasil, Striker Spanyol Ini Dikabarkan Kian Dekat ke Persis

Bek asal Brasil dan striker Spanyol ini sama-sama ramai dibicarakan akan bergabung dengan Persis Solo.

Profil Wasit Final Liga Champions: Terkenal Suka Obral Kartu Kuning

Berikut profil wasit Clement Turpin yang akan memimpin partai final Liga Champions antara Liverpool melawan Real Madrid, Minggu (29/5/2022) dini hari WIB.

Final Liga Champions: Profil Skuad dan Daftar Pemain Liverpool

Berikut daftar pemain Liverpool menjelang duel final Liga Champions 2021/2022 di Prancis, Minggu (29/5/2022) dini hari WIB.

Elkan Baggott Tak Sabar Bermain Bersama Timnas Indonesia

Elkan Baggott siap membela Timnas Indonesia setelah pulih dari cedera kepala.

Jordi Amat, Pemain Naturalisasi Pengalaman di La Liga dan Liga Inggris

Pemain naturalisasi Jordi Amat memiliki pengalaman bermain di La Liga Spanyol dan Liga Premier Inggris.

Pemain Naturalisasi Jordi-Sandy Diajak Gabung Latihan Timnas Indonesia

Pemain baru naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh diajak bergabung latihan dengan Timnas Indonesia jelang laga FIFA Match Day.

Shin Tae-Yong Panggil 29 Pemain untuk FIFA Match Day Lawan Bangladesh

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong memanggil 29 pemain untuk laga FIFA Match Day dan Kualifikasi Piala Asia 2023.

Timnas Indonesia U-19 Bawa 22 Pemain ke Toulon Cup, 2 dari Persis Solo

Timnas Indonesia U-19 telah menuntaskan pemusatan latihan di Stadion Madya Senayan Jakarta sejak 16 Mei 2022 untuk menghadapi Toulon Cup Prancis.

4 Poin Penting Ini Disampaikan Menpora untuk ASEAN Para Games di Solo

Persiapan ASEAN Para Games 2022 di Solo, disebut tidak ada kendala berarti.

Penantian 40 Tahun, Debut MotoGP Finlandia Harus Diundur, Ini Alasannya

Sejak awal dibuat Sirkuit KymiRing untuk MotoGP Finlandia memang memunculkan beberapa masalah.

Final Liga Champions: Van Dijk Tegaskan Dalam Kondisi Bugar

Virgil van Djik siap membela Liiverpool menghadapi Real Madrid pada final Liga Champions di Prancis, Minggu (29/5/2022) dini hari WIB.