SOLOPOS.COM - Ganda putri Indonesia Siti Fadia Silva Ramadhanti (kanan) dan Apriyani Rahayu (kiri) saat menghadapi wakil Vietnam, Selasa (17/5/2022). Di final perebutan emas, Rabu (18/5/2022), Apri/Fadia kalah dari ganda Thailand. (Antara/Zabur Karuru)

Solopos.com, BAC GIANG – Tim Indonesia belum berhasil mempersembahkan emas dari cabang bulu tangkis SEA Games 2021. Setelah tim putra kandas di semifinal beregu, tim putri juga belum berhasil menjadi juara.

Pada laga final melawan Thailand yang digelar di Bac Giang Gymnasium, Bac Giang, Vietnam, Rabu (18/5/2022) siang WIB, Indonesia kalah dengan skor telak 03.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Indonesia mengawali laga final itu dengan kekalahan. Putri Kusuma Wardani yang turun sebagai tunggal pertama belum mampu mengatasi perlawanan Pornpawee Chochuwong.

Meski sempat membuka game pertama dan kedua dengan keunggulan, tunggal putri Indonesia peringkat ke-55 dunia itu dipaksa menyerah dari pebulu tangkis peringkat 10 dunia Pornpawee dengan skor 16-21, 20-22.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: Final SEA Games 2021: Kekuatan Bulu Tangkis Putri Indonesia Vs Thailand

“Mungkin saya ingin cepat-cepat menyelesaikan dan dari pengalaman pun berbeda, Porpawee lebih berpengalaman,” ujar Putri seusai pertandingan.

“Di pertemuan terakhir [Kejuaraan Badminton Beregu Asia 2022], saya kalah dari Pornpapwee. Tadi saya mencoba memperbaiki dari pertandingan itu. Alhamdulillah hari ini bisa mengimbangi. Terbebani sedikit [turun di tunggal pertama], tetapi dukungan penuh tim membuat beban itu hilang,” kata Putri.

Baca Juga: Liverpool Kembali Buka Peluang Cetak Quadruple, Begini Hitungannya

Tim putri Indonesia makin tertinggal pada partai kedua setelah kekalahan Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti dari Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai. Pasangan debutan itu kalah dua game langsung 16-21, 12-21 dalam pertandingan berdurasi 52 menit.

Kemenangan Thailand ditentukan pada partai ketiga saat tunggal putri ketiga mereka Supanida Katethong menekuk Stephanie Widjaja dengan skor 14-21, 8-21.

Kemenangan tersebut sekaligus menegaskan dominasi Negeri Gajah Putih yang selalu meraih medali emas dalam empat edisi SEA Games berturut-turut.

Baca Juga: Wow Luar Biasa, Panahan Indonesia Sapu Bersih Empat Emas SEA Games 2021

Tim putri Indonesia juga gagal revans atas kekalahan mereka di final SEA Games 2019 Filipina ketika skuad Merah Putih juga kalah dari Thailand tapi dengan skor 1-3.

Tak hanya itu, kekalahan kali ini memperpanjang catatan buruk tim beregu putri Indonesia yang belum mampu menghadirkan lagi medali emas SEA Games dalam lima edisi terakhir. Indonesia kali terakhir mengantongi medali emas beregu putri pada SEA Games 2007 di Thailand.

Sementara di nomor beregu putra, Indonesia hanya sanggup membawa perunggu setelah juga ditaklukkan Thailand dengan skor 2-3.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya