SEA Games 2021: Final Bulu Tangkis, Tim Putri Indonesia Kalah Telak

Tim putri Thailand adalah langganan emas SEA Games dengan meraih juara dalam empat edisi berturut-turut.

 Ganda putri Indonesia Siti Fadia Silva Ramadhanti (kanan) dan Apriyani Rahayu (kiri) saat menghadapi wakil Vietnam, Selasa (17/5/2022). Di final perebutan emas, Rabu (18/5/2022), Apri/Fadia kalah dari ganda Thailand. (Antara/Zabur Karuru)

SOLOPOS.COM - Ganda putri Indonesia Siti Fadia Silva Ramadhanti (kanan) dan Apriyani Rahayu (kiri) saat menghadapi wakil Vietnam, Selasa (17/5/2022). Di final perebutan emas, Rabu (18/5/2022), Apri/Fadia kalah dari ganda Thailand. (Antara/Zabur Karuru)

Solopos.com, BAC GIANG – Tim Indonesia belum berhasil mempersembahkan emas dari cabang bulu tangkis SEA Games 2021. Setelah tim putra kandas di semifinal beregu, tim putri juga belum berhasil menjadi juara.

Pada laga final melawan Thailand yang digelar di Bac Giang Gymnasium, Bac Giang, Vietnam, Rabu (18/5/2022) siang WIB, Indonesia kalah dengan skor telak 03.

PromosiUMi Youthpreneur 2022 Bentuk Dukungan PIP Terhadap Wirausahawan Muda

Indonesia mengawali laga final itu dengan kekalahan. Putri Kusuma Wardani yang turun sebagai tunggal pertama belum mampu mengatasi perlawanan Pornpawee Chochuwong.

Meski sempat membuka game pertama dan kedua dengan keunggulan, tunggal putri Indonesia peringkat ke-55 dunia itu dipaksa menyerah dari pebulu tangkis peringkat 10 dunia Pornpawee dengan skor 16-21, 20-22.

Baca Juga: Final SEA Games 2021: Kekuatan Bulu Tangkis Putri Indonesia Vs Thailand

“Mungkin saya ingin cepat-cepat menyelesaikan dan dari pengalaman pun berbeda, Porpawee lebih berpengalaman,” ujar Putri seusai pertandingan.

“Di pertemuan terakhir [Kejuaraan Badminton Beregu Asia 2022], saya kalah dari Pornpapwee. Tadi saya mencoba memperbaiki dari pertandingan itu. Alhamdulillah hari ini bisa mengimbangi. Terbebani sedikit [turun di tunggal pertama], tetapi dukungan penuh tim membuat beban itu hilang,” kata Putri.

Baca Juga: Liverpool Kembali Buka Peluang Cetak Quadruple, Begini Hitungannya

Tim putri Indonesia makin tertinggal pada partai kedua setelah kekalahan Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti dari Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai. Pasangan debutan itu kalah dua game langsung 16-21, 12-21 dalam pertandingan berdurasi 52 menit.

Kemenangan Thailand ditentukan pada partai ketiga saat tunggal putri ketiga mereka Supanida Katethong menekuk Stephanie Widjaja dengan skor 14-21, 8-21.

Kemenangan tersebut sekaligus menegaskan dominasi Negeri Gajah Putih yang selalu meraih medali emas dalam empat edisi SEA Games berturut-turut.

Baca Juga: Wow Luar Biasa, Panahan Indonesia Sapu Bersih Empat Emas SEA Games 2021

Tim putri Indonesia juga gagal revans atas kekalahan mereka di final SEA Games 2019 Filipina ketika skuad Merah Putih juga kalah dari Thailand tapi dengan skor 1-3.

Tak hanya itu, kekalahan kali ini memperpanjang catatan buruk tim beregu putri Indonesia yang belum mampu menghadirkan lagi medali emas SEA Games dalam lima edisi terakhir. Indonesia kali terakhir mengantongi medali emas beregu putri pada SEA Games 2007 di Thailand.

Sementara di nomor beregu putra, Indonesia hanya sanggup membawa perunggu setelah juga ditaklukkan Thailand dengan skor 2-3.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Dana Abadi Rp7 Triliun untuk Mencapai Status Kampus Kelas Dunia

+ PLUS Dana Abadi Rp7 Triliun untuk Mencapai Status Kampus Kelas Dunia

Pemerintah mengalokasikan dana abadi Rp7 triliun untuk menunjang peningkatan kualitas perguruan tinggi negeri berbadan hukum (PTNBH) menjadi perguruan tinggi kelas dunia.

Berita Terkini

Persis Solo Tanpa Kemenangan di Piala Presiden, Begini Komentar Jacksen

Pelatih Persis Solo Jacksen F Tiago akan mengevaluasi lini depan setelah Piala Presiden 2022.

PSIS Hadapi Bhayangkara di Jatidiri, Begini Reaksi Suporter

Begini reaksi suporter PSIS Semarang saat mengetahui tim kesayangannya bakal menjamu Bhayangkara FC di Stadion Jatidiri pada perempat final Piala Presiden 2022.

Daftar Tim Lolos 8 Besar Piala Presiden 2022: 3 Klub Biru Juara Grup

Sebanyak 7 tim telah memastikan lolos ke perempat final Piala Presiden 2022.

Persis Solo Tak Pernah Menang di Piala Presiden 2022, Suporter Kecewa

Suporter Persis Solo menyuarakan kekecewaan melihat performa Persis Solo selama Piala Presiden 2022 yang tak pernah merasakan kemenangan.

Kalah dari Persita 0-1, Persis Solo Juru Kunci Klasemen Akhir Grup A

Persis Solo menempati juru kunci Grup A Piala Presiden 2022 setelah dua kali bermain seri dan dua kali kalah.

Babak Pertama, Persis Solo Tertinggal 0-1 dari Persita Tangerang

Persis Solo tertinggal 0-1 dari Persita Tangerang lewat gol Elisa Basna pada menit ke-45.

18 Suporter Bawa Miras Jelang PSS vs Dewa United di Stadion Manahan

18 suporter dibawa ke Polresta Solo setelah kedapatan membawa miras menjelang laga PSS Sleman vs Dewa United FC di Stadion Manahan.

Gibran Mendadak ke Stadion Manahan, Ada Apa?

Gibran datang ke Stadion Manahan Solo jelang kick-off PSS Sleman versus Dewa United.

Lolos Perempat Final Piala Presiden, Ini Pemain Termahal PSS Sleman

Berikut daftar pemain termahal PSS Sleman yang berjasa mengantarkan klub tersebut lolos ke perempat final Piala Presiden 2022.

Stadion Manahan Menghitam, PSS Lolos Perempat Final Piala Presiden 2022

Dukungan bedhol kabupaten dari suporter berdampak positif bagi PSS Sleman yang memastikan lolos ke perempat final Piala Presiden 2022.

Pemerintah Tegaskan Israel Bisa Tampil di Piala Dunia U-20 di Indonesia

Menpora Zainudin Amali memperbolehkan Israel bermain di Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia karena sesuai kesepakatan dengan FIFA, sepak bola mesti dipisahkan dari politik.

Menit 71, Ze Valente Bawa PSS Unggul 1-0 atas Dewa United

Ze Valente membuat PSS Sleman memimpin 1-0 atas Dewa United pada menit 71.

Perempat Final Piala Presiden, PSIS Hadapi Bhayangkara di Jatidiri

PSIS Semarang akan melakoni laga perempat final Piala Presiden 2022 dengan menghadapi Bhayangkara FC di Stadion Jatidiri.

Babak Pertama, PSS Sleman vs Dewa United 0-0

PSS Sleman dan Dewa United masih bermain 0-0 pada babak pertama Grup A Piala Presiden 2022 di Stadion Manahan Solo.

Jadwal Siaran Langsung AFC Cup 2022 Hari Ini: Bali United dan PSM Main

Laga Bali United dan PSM Makassar pada ajang AFC Cup 2022 disiarkan langsung televisi di RCTI dan iNews.

Dewa United Intip Peluang Lolos dari Grup A Piala Presiden 2022

Dewa United ingin tampil maksimal demi meraih tiga poin saat melawan PSS Sleman pada laga pamungkas Grup A Piala Presiden 2022 di Stadion Manahan Solo.