SOLOPOS.COM - VO2 Max Timnas Indonesia U-23 Memuaskan (PSSI)

SEA Games 2015 digelar Juni 2015 mendatang. Hasil tes VO2 Max skuat Timnas Indonesia U-23 menjelang event itu terbilang memuaskan.

Solopos.com, BANDUNG —  Sebanyak 24 pemain Timnas sepak bola Indonesia U-23 menjalani tes VO2 Max di Lapangan Football Plus Arena, Bandung, Jawa Barat, Senin (11/5/2015). Tes itu dianggap penting sebagai persiapan SEA Games 2015 di Singapura.

Promosi 204,8 Juta Suara Diperebutkan, Jawa adalah Kunci

Dikutip dari Pssi.org, Selasa (12/5/2015), VO2 Max adalah kemampuan maksimal tubuh seseorang untuk menyalurkan dan menggunakan oksigen saat melakukan olahraga berat. Semakin besar kemampuan pemain menyerap oksigen semakin bagus pula kondisi fisik mereka, terutama dalam hal daya tahan.

Melalui beep tes, pelatih Timnas Indonesia U-23 untuk SEA Games 2015, Aji Santoso, berharap dapat mengetahui ambang batas kemampuan setiap pemainnya. Hal ini dia lakukan untuk memperbaiki stamina para pemainnya setelah lama tidak berlatih dalam TC dan mengantisipasi para pemain yang staminanya sering habis pada saat pertandingan.

Selain dengan menggunakan beep tes, VO2 Max juga dapat diukur dengan metode lain seperti metode Cooper Test, metode ini tergolong cukup sederhana, tanpa biaya yang mahal dan akurasinya cukup wajar.

Metode ini dilakukan dengan cara sederhana, yakni atlet melakukan lari atau jalan selama 12 menit pada lintasan lari sepanjang 400 meter. Setelah waktu habis, jarak yang dicapai oleh atlet tersebut dicatat.

Berdasarkan tes VO2 Max yang telah dilakukan Senin malam, Ahmad Noviandini memiliki nilai 64. Tertinggi di antara pemain-pemain lainnya.  Nilai tes VO2 Max terendah menjadi milik Agung Prasetyo dengan 47 poin.

“Nilai tertinggi dari VO2 Max adalah Ahmad Nuviandani, dengan skor 64 poin terus ada Adam Alis, dengan skor 60. Nilai terendah VO2  Max adalah Agung Prasetyo, dengan skor 47 poin,” kata Aji

Menurut Aji nilai VO2 Max Agung yang rendah bisa disebabkan latihan yang kurang. Tentu saja kondisi ini harus ditingkatkan menjelang SEA Games 2015.

“Mungkin dia Agung atau beberapa pemain lain kurang latihan. Ya, ini nanti jadi PR. Pemain lain harus ditingkatkan juga, karena di SEA Games 2015 Singapura nanti kami harus bermain dengan konsentrasi tinggi, tensi tinggi, dan temponya juga tinggi,” tegas Aji Santoso.

Skuat Garuda Muda, julukan Timnas Indonesia U-23, saat ini sedang menjalani Training Centre (TC) di Bandung untuk menghadapi ajang SEA Games 2015 di Singapura Juni mendatang. Di ajang tersebut, Timnas U-23 tergabung di Grup A bersama Singapura, Myanmar, Kamboja, dan Filipina.

Skuat Timnas Indonesia U-23 akan menggelar laga uji coba melawan Timnas Malaysia U-23 di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Kamis (21/5/2015) mendatang, bukan di Solo seperti Solopos.com beritakan sebelumnya karena ada perubahan jadwal latihan skuat Garuda Muda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya