SOLOPOS.COM - Timnas Indonesia U-23 (PSSI)

SEA Games 2015 digelar awal Juni. Timnas Indonesia U-23 semakin mantap menggunakan formasi 4-1-4-1.

Solopos.com, BANDUNG —Timnas Indonesia U-23 akan menggunakan formasi 4-1-4-1 untuk menghadapi SEA Games 2015. Formasi 4-1-4-1 dinilai efektif  dengan materi pemain dan strategi yang diharapkan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Timnas Indonesia U-23 telah menggelar laga uji coba menjelang SEA Games 2015 melawan Persigar Garut, Sabtu (16/5/2-15) lalu. Pada laga itu pelatih Timnas U-23, Aji Santoso, menerapkan formasi 4-1-4-1. Hasilnya, skuat Garuda menghancurkan Persigar 6-0.

Dikutip dari Detik, Senin (18/5/2015), asisten pelatih Timnas Indonesia U-23, Mustaqim, menilai komposisi tersebut sangat cocok dengan materi pemain yang ada saat ini. Tidak menutup kemungkinan, formasi tersebut akan terus dimatangkan untuk menghadapi SEA Games 2015.

Ekspedisi Mudik 2024

“Komposisi 4-1-4-1, kami gunakan waktu lawan Persigar di babak pertama. Hasilnya 4-0. Tapi di babak kedua kami mencoba pemain pelapis. Hasilnya cukup baik. Kami akan terus asah formasi ini, tapi tentunya kami menyiapkan strategi-strategi lainnya,” ungkap Mustaqim.

Komposisi lini belakang Timnas Indonesia U-23, akan diisi oleh Vava Mario Zagallo. Dia didapuk menjadi bek kanan untuk menggantikan peran Alfin Tuassalamony yang mengalami cedera.

Sementara Zulfiandi ditempatkan menjadi gelandang jangkar, menyusul Evan Dimas dan Adam Alis yang berada di depannya, sejajar dengan Ahmad Nufiandani dan Wawan Febrianto di sayap kanan dan kiri.

Untuk lini depan, Ferinando Pahabol dipercaya mampu memberikan daya serang yang efektif di ajang SEA Games 2015,

Meski begitu, dengan sisa waktu persiapan kurang lebih 10 hari menjelang SEA Games 2015 semua aspek terus dimatangkan, terutama kekompakan. “Kami ingin pemain lebih padu. Mental mereka harus lebih baik. Selain itu, mematangkan kerja sama tim baik bertahan, menyerang dan ball possession, harus ditingkatkan,” ujar Mustaqim.

Sebanyak 24 penggawa Timnas IndonesiaU-23 saat ini sedang melakoni Training Centre (TC) di Lapangan Football Plus Arena di Bandung. Nantinya hanya 20 pemain saja yang akan dibawa pelatih Aji Santoso ke SEA Games 2015 di Singapura.

Skuat Garuda Muda telah melakukan tes VO2 Max di Lapangan Football Plus Arena, Bandung, Jawa Barat, Senin (11/5/2015). Tes itu dianggap penting sebagai persiapan SEA Games 2015 di Singapura.

Berdasarkan tes VO2 Max yang telah dilakukan Senin pekan lalu, Ahmad Noviandini memiliki nilai 64. Tertinggi di antara pemain-pemain lainnya. Nilai tes VO2 Max terendah menjadi milik Agung Prasetyo dengan 47 poin.

Dalam laga perdana di SEA Games 2015, Timnas Indonesia U-23 akan melawan Myanmar, pada 2 Juni mendatang. Garuda Muda berada di Grup A bersama tuan rumah Singapura, Myanmar, Kamboja, dan Filipina.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya