SOLOPOS.COM - Inilah Timnas U-23 yang akan mewakili cabang sepak bola di Sea Games 2015 Singapura. Ist/dok

Sea games 2015 Singapura segera digelar. Tim sepak bola Indonesia yang akan diwakili oleh Timnas U-23 pun siap bertolak ke negeri Singa itu Sabtu ini.

Solopos.com, JAKARTA-Tim Nasional (Timnas) U-23 untuk SEA Games 2015 dipastikan bertolak ke Singapura, Sabtu (30/5).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kepastian itu diungkapkan Chef de Mission Indonesia di SEA Games, Taufik Hidayat, seusai mendapatkan laporan hasil technical meeting cabang sepak bola di Singapura. Keberangkatan Garuda Muda, julukan Timnas U-23, tidak terpengaruh pada ancaman sanksi FIFA yang isunya akan dijatuhkan Jumat (29/5/2015).

“Sudah pasti berangkat kok. Kemarin sudah manager meeting di Singapura. Managernya sepak bola bilang tidak ada masalah sampai detik ini?,” kata Taufik, seperti dilansir detikSport, Jumat.

Garuda Muda akan bertarung di Grup A bersama Singapura, Kamboja, Filipina, dan Myanmar. Pasukan Aji Santoso akan melakoni laga pemuka dengan melawan  Myanmar, Selasa (2/6/2015).

Koordinator Bidang Permainan Satlak Prima, Mimi Irawan, mengatakan Garuda Muda akan memboyong 20 pemain ke Singapura meskipun striker Yohanes Ferinando Pahabol dikabarkan tidak bisa menyertai perjuangan skuat Aji Santoso itu. “?Pemain tetap berangkat tanggal 30 Mei, besok. Tetap 20 pemain. Pahabol? Jadi [ikut],” tutur dia.

Di sisi lain, Pelatih Timnas U-23, Aji Santoso, mengaku hanya akan membawa 19 pemain untuk berlaga di SEA Games. Sebab, Pahabol memilih mundur dari Timnas U-23. Pemain Persipura Jayapura itu tidak diizinkan memperkuat Garuda Muda oleh klubnya setelah gagal berlaga melawan Pahang FA dalam laga AFC Cup, Selasa (26/5/2015).

“Kami tidak membawa Pahabol dan itu sudah pasti. Kami juga sudah tidak bisa mencari pengganti sehingga berangkat dengan 19 pemain saja,” beber Aji, seperti dilansir pssi.org, Jumat.

Menurut Aji, absennya Pahabol tidak akan mengganggu mental bertanding 19 pemain lain. Namun, dia mengaku bakal kesulitan merotasi pemain karena minim stok penyerang. “Kini kami hanya memiliki dua penyerang, Yandi Sofyan dan Muchlis Hadi Ning,” urai dia.

Pahabol masih mengikuti latihan bersama skuat Garuda Muda hingga Kamis (28/5/2015). Akan tetapi, dia bakal kembali ke Papua setelah Timnas U-23 berangkat ke Singapura.

“Persipura minta saya pulang, masyarakat Papua juga begitu. Mereka sudah terlanjur sakit hati dengan BOPI, dengan Kemenpora. Saya juga tidak tahu mesti bagaimana? Saya sesungguhnya ingin bermain di SEA Games, tapi situasi di Papua tidak mendukung,” tutur Pahabol, dilansir liputan6.com, Kamis.

Pahabol memilih tetap bertalih bersama Timnas U-23 meski secara terpisah. Dia tidak ingin meninggalkan skuat Aji Santoso itu sebelum berangkat ke SEA Games. “Saya tetap berlatih untuk menjaga kondisi. Saya memaklumi di Papua marah, tapi saya harus menghormati teman-teman di sini dan juga pelatih,” jelas Pahabol. (Tri Indriawati/JIBI/Solopos)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya