SOLOPOS.COM - Cabang Karate dan Angkat Besi akan dihapus pada Sea Games 2014. Ist/Ilustrasi/dok

Solopos.com, JAKARTA — Indonesia dipastikan kehilangan beberapa pundi-pundi emas di SEA Games 2015. Dewan Federasi SEA Games, Selasa (29/4/2014) memutuskan meniadakan tiga cabang olahraga yang selalu menyumbang banyak medali.

Tiga cabang yang dipastikan ditiadakan pada SEA Games tahun depan antara lain adalah angkat besi, karate, dan kempo. Cabang olahraga lain yang juga dipastikan tidak dipertandingkan adalah voli pantai, yang merupakan kali kedua absen di SEA Games setelah tahun lalu juga dicoret oleh Myanmar.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

?Koordinator cabang terukur, Hadi Wihardja menyayangkan hasil putusan yang diambil oleh federasi SEA Games. “?Saya baru dengar kabar itu, dan sangat prihatin jika unggulan kita tidak bisa ikut dalam ajang itu,” kata Hadi seperti dilansir detiksport, Selasa (29/4). ?

“Indonesia punya petinggi di sana, ada perwakilan National Olimpic Council (NOC) ?juga dalam rapat itu. Saya engga tahu perjuangan mereka seperti apa. Karena dari pengamatan saya, alasan Singapura untuk tidak mempertandingkan angkat besi sangat tidak masuk akal. Jika memang kekurangan atlet atau anggaran, tidak rasional,” terangnya?

“Di Myanmar saja delapan event dananya sudah lumayan, di Singapura rowing 18 event. Artinya apa? Makin panjang waktu otomatis dananya makan banyak dong. Jadi alasannya tidak pas,” tambahnya.

Ia pun berharap agar keputusan ini belumlah final, mengingat waktu penyelenggaraan SEA Games masih lama. “Berkaca dari pengalaman SEA Games di Myanmar, sebelum ajang dimulai tarung derajat yang sempat masuk daftar bisa kok tiba-tiba tidak dipertandingkan, jadinya kempo. Jadi sebenarnya keputusan ini masih bisa dipertimbangkan,” ujarnya .

?Sekretaris Umum PB PABBSI, Sonny Kasiran justru sudah mengetahui soal putusan tersebut. Pihaknya juga sudah melobi federasi internasional angkat besi agar cabang itu dipertandingkan. “Tapi keputusan sudah ditetapkan, harus bagaimana lagi,” kata Sonny dalam kesempatan terpisah.

“Yang penting sekarang bicara untuk kedepannya, jangan sampai SEA Games tidak ikut, pelatnas jadi dihentikan. Jangan seperti itu, diharapkan pemerintah tidak berfikir partial. Karena event ke depan itu lebih berat, kita harus mengikuti kualifikasi kejuaraan dunia,” urainya. (JIBI/SOLOPOS)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya