SOLOPOS.COM - Timnas Indonesia U-23 (Liputan6)

SEA Games 2015 cabang sepak bola mempertemukan Indonesia U-23 vs Thailand U-23 di babak semifinal.

Solopos.com, SINGAPURA – Abduh Lestaluhu dan Agung Prasetyo dipastikan absen saat Timnas Indonesia U-23 melawan Thailand U-23 pada babak semifinal cabang sepak bola SEA Games 2015. Kedua pilar pertahanan timnas itu absen lantaran mendapat sanksi akibat akumulasi kartu kuning yang di dapat saat melawan tuan rumah, Singapura U-23.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pelatih Indonesia U-23, Aji Santoso, dipastikan akan menyiasati absennya Abduh dan Agung. Seperti diketahui keduanya merupakan pemain yang sangat penting bagi lini pertahanan timnas. Kemungkinan Aji akan memasang Hansamu Yama dan Vava Mario Zagallo untuk menggantikan peran kedua pemain itu.

“Absennya Abduh [Lestaluhu] sama Agung [Prasetyo] cukup disayangkan karena saat kami butuh tenaga mereka, mereka justru tidak bisa tampil. Tapi saya sudah menyiapkan pengganti. Kemungkinan di sentral pertahanan Manahati akan berduet dengan Hansamu,” ujar Aji seperti dilansir Detik.com, Sabtu (13/6/2015).

Ekspedisi Mudik 2024

Laga semifinal antara Indonesia U-23 melawan Thailand U-23 dipastikan akan berlangsung sengit. Laga yang akan digelar di National Stadium, Kallang, Singapura, Sabtu (13/6/2015) malam, akan mempertemukan dua top score SEA Games saat ini. Kedua top score itu adalah Evan Dimas Darmono di kubu Indonesia U-23 dan Chananan Pombuppha di kubu Thailang U-23.

Kedua pemain tersebut masing-masing telah mengemas empat gol selama babak kualifikasi grup. Evan mencetak empat gol di tiga laga yang dilakoni Indonesia U-23 di fase grup. Berbeda dengan Evan, Chananan mencetak keempat golnya dalam satu pertandingan saja yakni saat Thailand U-23 menang 6-0 atas Laos U-23.

Selain memiliki dua top score saat ini, Indonesia U-23 dan Thailand U-23 juga tercatat sebagai dua tim dengan produktivitas gol terbanyak. Thailand lebih unggul dengan 16 gol sementara Indonesia U-23 hanya 11 gol. Namun hal tersebut perlu dimaklumi mengingat Thailand U-23 memainkan lebih banyak pertandingan dibanding Garuda Muda.

Bedanya lagi, Thailand U-23 jauh lebih baik dalam bertahan dibanding Indonesia U-23. Seperti dikutip dari Liputan6.com, Thailand U-23 hanya kemasukan sebiji gol dari lima penampilannya di fase grup. Sementara Indonesia U-23 harus memungut bola di gawang sebanyak lima kali dari empat pertandingan yang sudah dilakoni.

Selain itu, secara historis tim Gajah Putih juga lebih unggul dibanding Garuda Muda. Dari 10 pertemuan terakhir, Indonesia hanya sekali meraih kemenangan. Sementara Thailand menang di sembilan laga sisa.

Namun, kondisi itu tentu tidak membuat Garuda Muda gentar. Juru taktik Indonesia U-23, Aji Santoso, tengah menyiapkan strategi apik untuk meredam permainan Thailand U-23. “Saya menyiapkan dua formasi, 4-1-4-1 dan 4-2-3-1. Baru sehari sebelum pertandingan saya menganalisa kelemahan dan kekuatan Thailand, sama seperti yg kami lakukan sebelum melawan Singapura. Kami juga berdiskusi dengan tim pelatih dan direktur teknik PSSI Pieter Huistra,” papar Aji.

Prediksi line up Indonesia U-23 vs Thailand U-23:

Indonesia U-23: Teguh Amiruddin, Syaiful Indra, Manahati, Vava Mario Zagallo,  Hansamu Yama, Nufiandani, Evan, Paolo Sitanggang, Adam, Zulfiandi, Muchlis Hadi Ning

Thailand U-23: Thamsat, Tossakai, Boonyong, Daosawang, Notchaiya, Promrak, Chappuis, Thaweekarn, Deeprom, Chananan, Keawsombut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya