SOLOPOS.COM - RUSAK--Salah seorang guru tengah melintas di lorong SDN Beskalan No 14, Banjarsari, Solo yang nyaris runtuh, Rabu (18/1/2012).

RUSAK--Salah seorang guru tengah melintas di lorong SDN Beskalan No 14, Banjarsari, Solo yang nyaris runtuh, Rabu (18/1/2012).

SOLO--Kondisi bangunan SDN Beskalan No 14 memprihatinkan. Sejumlah kayu penopang pada atap telah lapuk sehingga banyak plafon yang ambrol.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Tak hanya itu, berdasarkan pantauan Solopos.com, Rabu (18/1/2012), bangunan sekolah yang letaknya lebih rendah dari jalan ini juga digenangi air saat turun hujan. Aliran dari jalan raya ini masuk melalui selokan yang berada di sampaing ruang kelas II. Sehingga air masuk ke ruang kegiatan dan ruang penjaga sekolah.

Menurut Kepala SDN Beskalan No 14, Martharini Cristhiningsih, kerusakan ruangan ada di mana-mana yakni ruang kelas II, III, IV, atap lorong, gudang, ruang kegiatan, Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) dan gudang. Dia mengatakan, kerusakan di sejumlah ruangan beragam mulai dari atap yang dimakan rayap, plafon ambrol hingga tak berfungsinya selokan saat saat turun hujan.

“Saya cuma kawatir saat murid-murid melintas dan atap tiba-tiba runtuh,” jelas dia saat dijumpai wartawan di kantornya.

Dia mengungkapkan kondisi bangunan yang berada di ruang kelas IV, III dan II juga membutuhkan perhatian lantaran kayu penopangnya sudah mulai lapuk dan melengkung. Saat turun hujan, beberapa ruangan pun menjadi becek lantaran air hujan masuk dari atap yang bolong. Dia mengatakan pihaknya telah mengajukan bantuan dana perbaikan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) 2011 namun belum tahu apakah dana tersebut bisa akan turun tahun ini atau tidak.

“Kami sudah melaporkan kondisi ini pada pemerintah dan mengajukan permohonan bantuan,” ungkap dia.

(JIBI/SOLOPOS/Dina Ananti Sawitri Setyani)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya