SDN 1 Delegan Sleman Terbakar, KBM Bakal Dilakukan Sistem Shift

Kegiatan belajar mengajar (KBM) di SDN 1 Delegan, Sumberharjo, Prambanan, Kabupaten Sleman, dilakukan dengan sistem shift pasca kebakaran terjadi.

 Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo meninjau lokasi kebakaran di SDN Delegan 1 Kalurahan Sumberharjo, Kapanewon Prambanan, Rabu (10/8/2022) - Harian Jogja/ Abdul Hamied Razak

SOLOPOS.COM - Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo meninjau lokasi kebakaran di SDN Delegan 1 Kalurahan Sumberharjo, Kapanewon Prambanan, Rabu (10/8/2022) - Harian Jogja/ Abdul Hamied Razak

Solopos.com, SLEMAN — Kegiatan belajar mengajar (KBM) di SDN 1 Delegan, Sumberharjo, Prambanan, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta, tetap berjalan pasca-kebakaran hebat yang terjadi di sekolah itu. Karena sebagian ruangan terbakar, maka kegiatan belajar mengajar dilakukan secraa shift.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman, Ery Widaryana, mengatakan KBM di SDN 1 Delegan tetap berjalan. Dalam kebakaran itu ada tujuh ruangan yang terbakar, sedangkan saat ini masih ada tiga ruang kelas yang bisa digunakan untuk belajar murid.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

Selain masih memiliki ruang kelas, SDN 1 Delegan juga memiliki pendapa yang bisa dimanfaatkan untuk KBM sementara waktu. Dengan demikian, pembelajaran tatap muka di sekolah diputusakan tetap berjalan seperti biasa.

“Untuk pekan ini kami gelar secara online dulu sambil kami menyiapkan segalanya. Baru mulai Senin depan para siswa bisa belajar kembali di sekolah dengan sistem shift,” ujarnya, Rabu (10/8/2022).

Baca Juga: SDN 1 Delegan Sleman Alami Kebakaran Hebat, Kerugian Capai Rp500 Juta

Ery menjelaskan dari enam rombongan belajar di SD tersebut akan dibagi dalam dua shift, yakni shift pagi dan siang.

Rencananya, untuk kelas I-III akan belajar di sekolah mulai pukul 07.00 WIB – 11.00 WIB, sementara kelas IV-VI akan belajar mulai siang hari disesuaikan dengan beban pelajaran. Pembelajaran tatap muka dengan dua shift tersebut akan dijalani murid hingga akhir semester ini.

Ia berharap proses pembangunan kembali ruang-ruang kelas yang rusak bisa selesai hingga Desember mendatang. Dengan demikian, mulai tahun depan murid bisa kembali belajar di kelas.

“Kami sudah meminta sekolah segera mengatur. Semua guru dan orang tua siswa juga harus ikhlas melaksanakan semuanya. Tidak ada perbedaan pelayanan,” kata Ery.

Baca Juga: Menarik! Tim SAR Bakal Gelar Upacara Kemerdekaan di Laut Gunungkidul

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, saat meninjau lokasi kebakaran mengatakan puing-puing sisa kebakaran akan segera dibersihkan dengan mengerahkan para relawan. Setelah itu, bangunan sekolah akan diperbaiki menggunakan dana bantuan dari BAZNAS dan BPBD Sleman.

“Kalau memungkinkan dana pembangunan akan diambil dari APBD perubahan. Untuk sementara kami identifikasi terlebih dahulu berapa kebutuhan biayanya, apa yang perlu diganti dan diperbaiki,” katanya.

Kustini berharap, bangunan yang rusak secepatnya diperbaiki agar proses belajar mengajar bisa pulih seperti semula. Ia belum bisa menargetkan kapan perbaikan ruang kelas rampung.

“Kami belum bisa manargetkan kapan perbaikan akan selesai. Secepatnya lah. Kalau bisa ya sebulan dua bulan selesai,” ujar Kustini.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Terbakar, Perbaikan Gedung SDN 1 Degelan Diperkirakan Selesai Desember Mendatang

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Jalan Sunyi Handojo Santosa Sebagai Konglomerat

      Jalan Sunyi Handojo Santosa Sebagai Konglomerat

      Menyandang status sebagai konglomerat, Handojo Santosa memiliki berbagai kemewahan untuk menjadi orang besar, terkemuka dan berkuasa. Namun, wajahnya tergolong jarang tampil di hadapan media massa. Ia memilih jalan sunyi sebagai pemimpin yang melayani.

      Berita Terkini

      Prakiraan Cuaca Jogja Senin: Berawan dari Pagi sampai Sore Hari

      Berikut ini prakiraan cuaca di Kota Jogja pada Senin 26 September 2022.

      Dimakan Rayap, Atap Bangunan 2 SMP Negeri di Jogja Rawan Ambrol

      Dua atap bangunan di SMPN 1 Jogja dan SMPN 14 Jogja mengalami kerusakan akibat dimakan rayap.

      Pilur di Seloharjo Bantul Panas, 2 Massa Pendukung Calon Lurah Nyaris Bentrok

      Dua kelompok pendukungan calon lurah dala pemilihan lurah di Kalurahan Seloharjo, Kapanewon Pundong, Kabupaten Bantul, nyaris bentrok.

      Pantai Indrayanti Gunungkidul: Sejarah, Keindahan & Potensi Gelombang Tingginya

      Pantai Indrayanti merupakan pantai populer di Kabupaten Gunungkidul yang banyak dikunjungi wisatawan karena keindahannya.

      Kasus Pemerkosaan Anak Difabel di Bantul, Polisi Tunggu Hasil Visum

      Polres Bantul menangani kasus anak difabel yang diperkosa oleh tetangganya sendiri.

      Bejat! Anak Difabel Berusia 12 Tahun di Bantul Diperkosa Tetangganya

      Seorang anak berkebutuhan khusus atau difabel di Kabupaten Bantul menjadi korban pemerkosaan dengan pelaku tetangganya sendiri.

      Imperial Digital Printing, Jasa Percetakan Terlengkap di Jogja

      Untuk mendukung kepuasan customer, Imperial Digital Printing memiliki berbagai promo dan diskon yang dapat mempermudah customer.

      Meninggal Terseret Ombak di Pantai Indrayanti,Ini Sosok Profesor Samekto Wibowo

      Begini sosok Samekto Wibowo, guru besar UGM yang meninggal dunia terseret ombak di Pantai Indrayanti.

      Kronologi Guru Besar UGM Terseret Ombak Pantai Indrayanti

      Berikut kronologi guru besar Fakultas Kedokteran UGM, Prof SW, terseret ombak di Pantai Indrayanti, Gunungkidul, dan meninggal dunia.

      Innalillahi, Guru Besar UGM Meninggal Dunia Terseret Ombak di Gunungkidul

      Seorang guru besar Fakultas Kedokteran UGM meninggal dunia setelah terseret ombak di Pantai Indrayanti, Gunungkidul.

      Kecelakaan Tunggal di Bantul, Truk Box Terguling di Ring Road Selatan

      Sebuah truk box terguling saat melintas di tikungan Ring Road Selatan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

      Sleman Creative Week #2 Digelar Selama Oktober 2022, Ini Rangkaian Acaranya

      Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman akan menggelar Sleman Creative Week #2 selama bulan Oktober 2022.

      Ada Pemeliharaan, Cek Pemadaman Listrik di Jogja Hari Ini (24/9/2022)

      Berikut ini jadwal pemeliharaan dan pemadaman listrik yang terjadi di Kulon Progo, DI Yogyakarta, pada hari ini, Sabtu, 24 September 2022.

      BMKG: Cuaca di Jogja Sabtu Diperkirakan Cerah dan Hujan Tipis pada Sore Hari

      Berikut ini prakiraan cuaca di Kota Jogja pada Sabtu 24 September 2022.

      Sekolah di Jogja Dilarang Tarik Pungli, tapi untuk Sumbangan Diperbolehkan

      Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Jogja dengan tegas melarang sekolah melakukan pungutan liar.

      KPK OTT Hakim Agung, Aktivis JCW Gelar Aksi Tunggal di Depan Pengadilan Tipikor

      Aktivis Jogja Corruption Watch (JCW) menggelar aksi tunggal untuk mendukung KPK yang telah menangkap Hakim Mahkamah Agung Sudrajat Dimyati.