SOLOPOS.COM - Mobil Esemka (dok)

Mobil Esemka (dok)

SOLO--Koordinator Teaching Factory Solo Techno Park (STP), Sarmanto mengatakan rencana produksi massal mobil Kiat Esemka tinggal butuh beberapa alat cetak kabin dan mesin.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Untuk sumber daya manusia (SDM) sudah siap. Penjelasan itu disampaikan Sarmanto saat ditemui Solopos.com, Kamis (26/1/2012) di STP. “Produksi massal tahun ini pun sudah siap. Tapi butuh alat pencetak kabin atau moulding dan pencetak mesin  bernama dies,” katanya. Dia menjelaskan moulding digunakan untuk mencetak bodi mobil sedangkan dies untuk mencetak mesin.

Harga satu moulding sekitar Rp5 miliar dan harga dies Rp1 miliar. Khusus untuk dies diperlukan untuk mencetak mesin berkapasitas Rp 1500 CC dan 100 CC. Sejauh ini belum ada kepastian anggaran untuk pengadaan alat-alat tersebut.

“Lha untuk dananya kami harapkan bisa dari investor,” imbuh Sarmanto. Menurut dia selama ini pembuatan bodi dan mesin mobil dilakukan secara manual atau menggunakan semi mesin sederhana.

Sedangkan untuk SDM atau tenaga penggarap, menurut Sarmanto menggunakan jasa dan tenaga para siswa dan alumnus sekolah menengah kejuruan (SMK). Saat ini sudah ada 33 SMK yang diproyeksikan sebagai SMK perakitan mobil. Untuk produksi pertama, Sarmanto optimistis mampu menghasilkan 100 hingga 200 unit mobil Kiat Esemka.

(JIBI/SOLOPOS/Kurniawan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya