SD Muhammadiyah Miliran Jawara Bela Diri

SD Muhammadiyah Miliran Jawara Bela Diri

SOLOPOS.COM - Kepala SD Muhamadiyah Miliran Kota Jogja Ani Sulistyaningsih (kanan) menerima Piala Bergilir Gubernur DIY sebagai juara umum Ibnu Sina Cup 2018, Minggu (4/2). (IST/Humas SD Muh Miliran)

Gelaran Ibnu Sina Cup 2018 diikuti sedikitnya 170 pesilat usia SD se-DIY dan Jawa Tengah

Solopos.com, JOGJA-SD Muhammadiyah Miliran menyabet juara umum dengan memperoleh medali terbanyak dalam kompetisi bela diri Ibnu Sina Cup 2018 yang digelar pada Kamis (1/2/2018) hingga Sabtu (3/2/2018) akhir pekan lalu. Sekolah ini menyiapkan siswa ahli dalam pencak silat sejak masuk di bangku kelas I telah diberikan muatan lokal wajib seni bela diri Tapak Suci bagi seluruh siswa.

Gelaran Ibnu Sina Cup 2018 diikuti sedikitnya 170 pesilat usia SD se-DIY dan Jawa Tengah dengan mempertandingkan sepuluh kelas tanding untuk putra dan putri. Dari 12 kontingen yang dibawa, SD Muhammadiyah Miliran meraih delapan gelar terdiri atas dua emas, tiga perak dan tiga perunggu.

Medali emas itu disumbangkan Ferry Dwi di kelas B Putra dan Nabila Naya di kelas D Putri, sedangkan perak diberikan oleh Ferdi di kelas C putra, Zahra di kelas C putri dan Nadhira di kelas E putri. Khusus untuk medali perunggu berhasil disumbangkan oleh Syauqi RF di kelas A putri, Khusnudzon di kelas C putra dan Dhiya di kelas D putri.

Pelatih Tapak Suci SD Muhammadiyah Miliran Kota Jogja Henry Cahyono menjelaskan, dalam kompetisi itu pihaknya mengirim 12 siswa terdiri atas dua siswa kelas IV, empat anak dari kelas V dan enam anak dari kelas VI. Mereka sebelumnya telah dipersiapkan dengan melakukan seleksi di setiap kelas yang dilakukan melalui pengamatan setiap pelaksanaan latihan.

“Dari 12 yang kami kirim, delapan mendapatkan medali dan sekolah kami ditetapkan sebagai juara umum, pesertanya open DIY dan Jawa Tengah,” terangnya, Senin (5/2/2018).

Ia mengatakan dalam kompetisi itu, ada beberapa sekolah yang dinilai menjadi pesaing terberat dalam setiap kompetisi pencak silat tingkat SD. Akan tetapi dengan berbagai strategi dan motivasi yang diberikan selama pelaksanaan lomba, siswanya dapat bermain dengan apik sehingga mampu menjadi juara umum.

Alumnus Pendidikan Olahraga UNY ini menambahkan, kegiatan seni bela diri bukan hal yang asing bagi siswa sekolahnya. Karena seni bela diri Tapak Suci merupakan pelajaran muatan lokal yang diberikan selama dua jam dalam sepekan dari kelas I sampai kelas VI. Bagi siswa kelas I sampai kelas III diberikan materi pengenalan, setelah memasuki kelas IV hingga VI secara khusus dipersiapkan untuk mengikuti berbagai kompetisi pencak silat.

“Rata-rata setiap kelas selalu ada yang memiliki kemampuan lebih di bidang seni bela diri ini, kemudian kami persiapkan untuk mengikuti kompetisi. Mulai kelas III sebenarnya sudah kelihatan kemampuannya,” kata pria yang juga merangkap sebagai guru olah raga ini.

Berita Terkait

Berita Terkini

Pengrajin Jamu Gendong Asal Sukoharjo Tak Pulang Kampung, Sebelum Ramadan Sudah Kulakan Dulu

Sebagian pengrajin jamu asal Nguter Sukoharjo memilih tidak pulang ke kampung halaman saat Lebaran 2021. Mereka kulakan bahan baku jamu dalam jumlah besar untuk menambah stok jamu sebelum bulan puasa.

Ini Alasan Mantan Tetap Ingin Berteman, Terima atau Tidak?

Ada sejumlah penyebab melandasi niatan sang mantan ingin tetap berteman.

Benarkah Makan Bawang Merah Berlebihan Bikin Bau Vagina Tak Sedap?

Makan bawang merah bisa memicu bau tak sedap pada vagina.

Partai Golkar Kecam Keras Serangan Israel ke Palestina

Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto menyatakan pihaknya mengecam keras serangan tentara Israel terhadap rakyat Palestina.

Penonton Liga Inggris Bisa Sepenuhnya Datangi Stadion di Musim Ini

Pengelola Premier League Inggris berencana membuka akses bagi para penonton untuk menonton di stadion pada musim 2021- 22 ini.

Duh! Sampah Petasan Kotori Alun-Alun Pengging Boyolali

Alun-Alun Pengging Boyolali dikotori dengan keberadaan sampah. Sebagian besar sampah itu adalah serpihan-serpihan kertas bekas petasan.

Makin Brutal, Pemboman Israel Tewaskan Satu Keluarga Palestina

Pemboman oleh pasukan Israel pada Kamis (13/5/2021) malam menumpas habis seluruh anggota sebuah keluarga Palestina di wilayah utara Jalur Gaza.

Ada Larangan Mudik, Bus dan Truk yang Masuk Solo Turun Drastis

Jumlah bus dan truk yang keluar masuk Kota Solo menurun drastis selama pemberlakuan larangan perjalanan mudik oleh Kementerian Perhubungan.

Satgas Covid-19 Evaluasi Kasus Selama Libur Lebaran

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Sukoharjo, Yunia Wahdiyati, mengatakan belum bisa memperkirakan apakah terjadi lonjakan kasus Covid-19 selama libur Lebaran.

Resiliensi Sektor informal

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa, 4 Mei 2021. Esai ini karya Muhammad Taufik Nandito, mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyan Surakarta dan aktif di Lingkar Studi Sasadara di Kleco, Kota Solo.

Lebaran, 8 Balon Udara Dilaporkan Terbang di Langit Indonesia

Sebanyak 8 balon udara dilaporkan berada di langit Indonesia saat momentum Lebaran tahun ini. Sejauh ini, belum ada laporan balon udara melintas di langit Solo.

Ayu Maulida Kenakan Kostum Komodo di Panggung Miss Universe

Ayu Maulida terpilih sebagai Puteri Indonesia 2020 menggantikan Puteri Indonesia 2019 Frederika Alexis Cull.