SOLOPOS.COM - Ilustrasi siswa SD (Antara)

Solopos.com, SOLO -- Beberapa sekolah dasar atau SD di Solo akan mulai melakukan kunjungan ke rumah siswa atau home visit. Kunjungan ini sebagai penguatan pembelajaran kepada siswa pada masa pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Kepala SD Cemara Dua Solo, Eni Idayati, mengatakan kunjungan guru ke rumah siswa mulai dilakukan pekan depan. “Rencananya pekan depan guru-guru kami kami sudah mulai home visit. Tidak hanya ke rumah siswa Kelas I, tetapi sampai Kelas VI,” ujarnya saat ditemui Solopos.com di sekolah itu, Jumat (17/7/2020).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut Eni, kunjungan guru SD di Solo ke rumah siswa ini dilakukan dengan beberapa ketentuan. Ketentuan itu mengutamakan prinsip keselamatan dan kesehatan guru, siswa, dan sekitarnya.

Purnomo Nyetir Sendiri Sampai Klaten, Pelampiasan Tak Dapat Rekomendasi PDIP Solo?

Ketentuan tersebut antara lain kunjungan dilakukan kepada individu maupun kelompok siswa dengan jumlah maksimal lima orang yang rumahnya saling berdekatan.

Kunjungan juga dilakukan sesuai kebutuhan, dengan jadwal dan lokasi yang disepakati sebelumnya. Menurut Eni, guru kelas dan orang tua siswa di sekolahnya sudah memiliki media komunikasi masing-masing.

Lantaran itu, anak didik yang akan dikunjungi dan jadwal kunjungannya dapat dikomunikasikan melalui media komunikasi tersebut.

Tahu Kupat Solo Jadi Klaster Baru, Ini Tips Aman Jajan Kuliner saat Pandemi

Kunjungan ke Rumah Siswa Seizin Orang Tua/Wali

Selain itu, kunjungan guru SD di Solo ke rumah siswa itu harus seizin orang tua siswa bersangkutan. “Ini penting, kunjungan harus seizin orang tua. Artinya, kalau orang tua tidak menghendaki kedatangan guru karena kekhawatiran atas penularan Covid-19, maka kunjungan tidak dilakukan,” imbuhnya.

Eni menggarisbawahi kunjungan guru ini juga tidak akan dilakukan ke daerah yang di sekitarnya terdapat pasien positif Covid-19.

“Demi keamanan guru, siswa, dan semuanya, home visit ke daerah yang ada [warga positif] Covid-19 tidak kami perbolehkan saat ini demi keamanan bersama,” kata Eni.

Tiga Penipu Gondol Uang Rp413 Juta Diringkus di Tol Sragen

Ditemui terpisah, Kepala SDN Mangkubumen Lor Nomor 15, Solo, Agus Kristo Purwanto, mengatakan kunjungan ke rumah bertujuan memberikan penguatan kepada anak didik dalam PJJ. “Kunjungan ini untuk penguatan pembelajaran agar siswa bisa lebih terlayani kebutuhannya,” ujar dia.

Agus juga menyampaikan kunjungan SD di Solo itu ke rumah siswa dilakukan dengan berbagai ketentuan yang mengutamakan kesehatan dan keselamatan semua pihak.

Mengenai pelaksanaan home visit ini sekarang pihaknya tengah menggelar rapat dengan orang tua siswa. “Sejak Jumat pekan lalu, kami mengundang orang tua ke sekolah dengan jadwal tertentu dan penerapan protokol kesehatan Covid-19 untuk membahas berbagai hal, salah satunya home visit,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya