SD dan SMP di Kota Solo Ujian Sekolah secara Luring, Begini Kondisinya

SD dan SMP di Kota Solo menggelar Ujian Sekolah (US) secara luring pada Senin (18/4/2022).

 Ilustrasi Ujian Sekolah secara Luring. (Freepik)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Ujian Sekolah secara Luring. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — SD dan SMP di Kota Solo menggelar Ujian Sekolah (US) secara luring pada Senin (18/4/2022).

Namun, teknis pelaksanaan hingga penilaian US secara luring itu menjadi kewenangan satuan pendidikan masing-masing. US menjadi tolok ukur penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan dengan tujuan menilai pencapaian standar kompetensi lulusan pada semua mata pelajaran.

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

Kepala Bidang (Kabid) SMP Dinas Pendidikan (Disdik) Solo, Abdul Haris Alamsyah, membenarkan bahwa pelaksanaan US SD dan SMP di Kota Solo secara langsung. “Leres [betul]. Ujian Sekolah luring dengan pengawas masing-masing sekolah,” jelas Haris saat dihubungi Solopos, Senin (18/4/2022).

Baca Juga : Ujian Sekolah SMA Solo Pakai Kombinasi Online-Offline, Begini Prosesnya

Sebelumnya, Haris pernah mengatakan sekolah dapat menyesuaikan pelaksanaan US sesuai situasi dan kondisi di masing-masing satuan pendidikan. “Ujian sekolah [menjadi] kewenangan sekolah. Moda pelaksanaan tergantung situasi dan kondisi sekolah,” kata dia.

Kepala SDN Pucangsawit No.119, Jebres, Saryanto, menyampaikan pelaksanaan US di sekolahnya dilakukan secara luring. Teknisnya, kata dia, peserta ujian hadir di sekolah. Kemudian, siswa mengerjakan soal ujian menggunakan lembar kertas.

Peserta ujian SDN Pucangsawit No.119 berjumlah 32 siswa. Pihak sekolah membagi menjadi tiga ruang ujian. Pengawasan ujian dilakukan pengawas dari SD lain sehingga mereka menggunakan sistem silang gugus.

Baca Juga : Ujian Sekolah SMA Akhir Maret Ini, Sudah Tahu Syaratnya? Cek di Sini

“Masih manual, berbasis kertas. Untuk pengawasan dilakukan silang gugus. Ada 13 SD saling tukar pengawas. Ini Gugus II,” kata Saryanto saat ditemui Solopos.com, Senin.

Saryanto menambahkan tak ada kendala selama pelaksanaan US. Dia mengklaim pelaksanaan US telah mengantongi izin orang tua dan wali murid peserta ujian. “Kalau SD sini mengizinkan semua. SE masih memungkinkan untuk PTM terbatas. Kemarin juga sudah buat surat pernyataan, orang tua mau semua,” jelasnya.

Kepala SMPN 9 Solo, Diah Pitaloka, mengatakan pelaksanaan Ujian Sekolah di SMPN 9 Solo juga digelar secara langsung atau luring dan menggunakan lembar kertas. Sebanyak 284 peserta ujian datang ke sekolah dengan pembagian satu ruang ujian berisi 16 siswa.

Baca Juga : SMA/SMK di Wonogiri Siapkan Skenario Pelaksanaan Ujian Sekolah

Peserta US mendapatkan waktu istirahat selama 15 menit saat pergantian mata pelajaran ujian. Hal itu bertujuan mengurangi mobilitas peserta ujian. Selain itu, pengawas ujian berasal dari guru sekolah masing-masing.

“Anak-anak hanya istirahat 15 menit menuju ujian selanjutnya. Itu saja hanya boleh ke kamar mandi. Kebetulan US saat puasa sehingga tidak ada makan siang. Begitu juga pengawas. Pengawas ruang jadwalnya hanya bergeser ruangan saja karena sudah ada petugas untuk membagi soal,” jelas Diah saat dikonfirmasi Jumat (8/4/2022).

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Begini Cara Tukang Pungut Sampah di Sragen Peringati HUT ke-77 RI

      Para pemungut sampah di Sragen tergabung dalam Paguyuban Lingkungan Asri (PLA) bersama Lazismu Sragen memiliki cara unik memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 RI.

      Tak Cuma Penjual, Pembeli Lahan Bong Mojo Solo juga Bisa Dijerat Pidana

      Tak hanya penjual, warga yang membeli lahan milik Pemkot Solo di Bong Mojo, Jebres, juga bisa dijerat KUHP maupun perdata.

      Harga Tepung Terigu di Wonogiri Tembus Rp265.000 per Sak, Penyebabnya?

      Harga tepung terigu di Kabupaten Wonogiri menembus Rp265.000 per atau per 25 kilogram (kg).

      Kloter Terakhir Tiba di Debarkasi Haji Solo, 1 Orang Masih Tertahan

      Kloter terakhir atau kloter 43 jemaah haji telah tiba di Debarkasi Solo, tapi masih ada satu orang anggota jemaah haji yang tertinggal di Tanah Suci karena sakit.

      Gulma Tumbuh Subur di WGM Wonogiri, Ini Dampaknya

      Jumlah gulma di perairan Waduk Gajah Mungkur (WGM) Wonogiri semakin bertambah dari tahun ke tahun.

      Begini Kemeriahan Siswa SMPN 2 Sambirejo Sragen Peringati HUT ke-77 RI

      Ratusan siswa di SMPN 2 Sambirejo, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan RI dengan menyelenggarakan lomba-lomba dan kegiatan lain. 

      Bisnis Hotel di Sragen Berkembang, Begini Kata Pelaku Usaha

      Kamar hotel di Kabupaten Sragen, Jawa Tengah bertambah 45 unit dalam kurun waktu satu tahun terakhir. 

      Loncat ke Sungai Bengawan Solo, 1 Orang di Sragen Hilang

      Satu orang dilaporkan hilang akibat meloncat ke aliran Sungai Bengawan Solo di Kecamatan Gesi, Sragen.

      Jalan Ngargoyoso Rusak, Pemkab Karanganyar Didesak segera Perbaiki

      Kalangan pelaku usaha wisata di wilayah Ngargoyoso, Karanganyar mendesak Pemkab Karanganyar membenahi infrastruktur jalan.

      Lokasi Tawangmangu Baru, Surganya Wisata Kuliner Internasional

      Tawangmangu Baru dipersiapkan sebagai destinasi wisata kuliner bertaraf internasional.

      Jalan Tembus Tawangmangu-Sarangan Disulap Jadi Tempat Wisata Kuliner

      Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar akan menyulap jalan tembus Tawangmangu-Sarangan sebagai destinasi wisata kuliner pada Senin (15/8/2022).

      Unik dan Lezat, Yuk Cicipi Keripik Pisang Batik dari Sragen

      Keripik pisang menjadi salah satu pilihan camilan hingga oleh-oleh bagi kebanyakan orang. Namun berbeda dengan keripik pisang batik bergelembung dari Sragen ini. 

      Ikut Seminar, Guru Swasta Boyolali Curhat Masih Kebingungan Soal IKM

      Sebanyak 23 guru kurikulim dari sejumlah sekolah swasta di Boyolali mengikuti seminar Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) di SMK Karya Nugraha, Sabtu (13/8/2022).

      Sempat Tertunda Hujan, Konser Padi Reborn Sihir Penonton di Wonogiri

      Padi Reborn sukses menyihir ribuan penonton di Alun-alun Wonogiri, Sabtu (13/8/2012) malam memeriahkan Festival Agustus Merdeka 77 yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Wonogiri.

      Cuaca Sukoharjo Minggu Ini: Sore Cerah Berawan, Malam Hujan Ringan

      Berikut ini prakiraan cuaca wilayah Sukoharjo secara lengkap untuk hari ini, Minggu (14/8/2022).