SBY Turun Gunung demi Anak, Emil Dardak: AHY Bukan Orang Sembarangan

Emil mengungkap ada sisi kepribadian AHY yang tidak banyak orang ketahui, sehingga membuat AHY dinilai bukan orang sembarang dan bukan sekadar anak seorang mantan presiden.

 Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono mengetuk palu saat membuka Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Demokrat 2022 di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Kamis (15/9/2022). Rapimnas Partai Demokrat itu akan membahas isu-isu nasional seperti kenaikan harga BBM serta strategi pada Pemilu 2024 seperti rencana koalisi partai dan pengusungan calon presiden (capres) dari Partai Demokrat.  ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/rwa.

SOLOPOS.COM - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono mengetuk palu saat membuka Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Demokrat 2022 di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Kamis (15/9/2022). Rapimnas Partai Demokrat itu akan membahas isu-isu nasional seperti kenaikan harga BBM serta strategi pada Pemilu 2024 seperti rencana koalisi partai dan pengusungan calon presiden (capres) dari Partai Demokrat. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/rwa.

Solopos.com, JAKARTA — Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dikabarkan akan turun gunung pada perhelatan Pemilihan Presiden (Pilpres 2024) mendatang.

Turun gunungnya SBY terkait dengan rencana sang anak yang juga Ketua Umum Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) maju dalam kontestasi Pemilu 2024.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak, menyatakan majunya AHY bukan ambisi turun temurun dari sang ayah, SBY.

Dia tak memungkiri, pada awalnya sebagian orang termasuk rekan-rekan di partainya menilai AHY hanya mengikuti tradisi untuk mengikuti jejak SBY.

Baca Juga: JK Komentari Rencana SBY Turun Gunung pada Pemilu 2024

Namun, menurut Emil, sosok AHY memang layak untuk dimajukan karena kualitas personal yang kuat.

“Jangan diartikan ini ambisi pribadi seorang anak mantan presiden supaya bisa nerusin bapaknya. Jadi, anak presiden itu sebenarnya kebetulan,” kata Emil kepada wartawan di Kantor Badan Penghubung Pemprov Jawa Timur Jakarta, Kamis (22/9/2022).

Emil mengungkap ada sisi kepribadian AHY yang tidak banyak orang ketahui, sehingga membuat AHY dinilai bukan orang sembarang dan bukan sekadar anak seorang mantan presiden.

Baca Juga: Sekjen PDIP: Dewan Kolonel untuk Puan Maharani Langgar Aturan Partai

“Saya katakan, banyak sisi Mas AHY yang tidak bisa ditangkap hanya dari layar kaca atau media sosial. Ini bukan orang sembarangan dan bukan karena anak presiden, tapi memang karena kualitasnya itu,” jelasnya.

Namun, dia menyadari tidak mudah membuat banyak orang menyetujui gagasan tersebut dan akan terus mengaitkan posisi AHY sebagai anak mantan presiden RI.

Untuk itu, Emil merasa partai perlu untuk memupuk kesabaran dan kreativitas dengan informasi yang menggambarkan kualitas AHY.

Baca Juga: PDIP Ancam SBY Jika Ganggu Jokowi

Beberapa sikap yang dipuja Emil dalam diri AHY yaitu jiwa prajurit yang masih tertanam, idealis, dan penerapan sikap leadership yang kuat.

“Jiwa prajuritnya, jangan dipikir bahwa karena dia resign dari tentara artinya dia gak patriotik. Justru saat ini negara butuh orang-orang idealis untuk berada di jalur politik,” tegasnya.

Emil menyamakan AHY dengan sosok legendaris John F. Kennedy yang juga keluar militer untuk masuk ke jalur politik.

Baca Juga: SBY: Ada Tanda-tanda Pemilu 2024 Tidak Jurdil

Lebih lanjut, Emil juga mencontohkan sikap leadership AHY ketika menghadapi Kongres Luar Biasa (KLB)

“Itu keliatan bagaimana dia bisa punya mental kuat dalam menghadapi situasi dan jangan dipikir ‘oh itu perjuangan bapaknya’, yang kerja keras anaknya, Mas AHY. Saya saksinya dan saya lihat betul beliau punya kematangan di saat-saat yang paling sulit,” ungkapnya.

Di sisi lain, Emil yang saat ini menjabat Wakil Gubernur Jawa Timur juga mengatakan akar rumput Demokrat wilayah Jatim mengapresiasi sosok Anies Baswedan dan melihat AHY dan Anies sebagai satu kombinasi yang baik.

Baca Juga: AHY: Hukum di Era Jokowi Tajam ke Bawah Tumpul ke Atas

“Sangat mengapresiasi dan memang bahwa itu salah satu kombinasi yang mendapat sambutan baik dari basisnya Demokrat,” tandasnya.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Emil Dardak Bicara Soal AHY Maju Pilpres 2024: Bukan Ambisi SBY!”

Sumber: Bisnis.com

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Pengacara Gubernur Lukas Enembe: Pak Presiden, Klien Kami Benar-Benar Sakit

      Lukas Enembe menderita sejumlah riwayat penyakit sehingga harus menjalani pengobatan di Singapura, termasuk empat kali serangan stroke.

      Pengacara: Gubernur Papua Lukas Enembe Susah Berbicara

      Menurut Roy Rening, sakit Gubernur Papua Lukas Enembe serius sehingga susah berbicara.

      Ledakan di Asrama Brimob Sukoharjo, Polisi: Paket Dikirim Maret 2021

      Pria Indramayu berinisial S, pengirim paket yang meledak di asrama Brimob Sukoharjo, Jawa Tengah pada Minggu (25/9/2022) petang itu mengirimkan paket ke Jawa Tengah pada Maret 2021.

      Presiden Jokowi Minta Gubernur Papua Lukas Enembe Penuhi Panggilan KPK

      Presiden Jokowi meminta Gubernur Lukas Enembe untuk patuh memenuhi panggilan penegak hukum KPK.

      Lukas Enembe Mangkir Panggilan KPK, Kuasa Hukum: Sakit, Tidak Melawan Negara

      Gubernur Papua, Lukas Enembe, kembali mangkir dari panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Senin (26/9/2022), karena sakit.

      Gubernur Papua Lukas Enembe Kembali Mangkir Panggilan KPK

      Gubernur Papua, Lukas Enembe, kembali mangkir dari panggilan kedua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Senin (26/9/2022) karena sakit.

      Ketua MUI: Pernikahan Beda Agama Tidak Sah dan Haram

      MUI Pusat menyatakan bahwa ulama dan organisasi Islam di Indonesia sepakat bahwa pernikahan beda agama dalam Islam adalah tidak sah dan haram.

      Menilik Kualitas Hidup Warga Finlandia yang Disebut Paling Berbahagia di Dunia

      Finlandia dinobatkan sebagai negara dengan kualitas hidup terbaik. Negara Seribu Danau ini diberi skor 99,06 dari 100 dan dianggap memiliki kualitas hidup tertinggi secara global.

      BMKG Catat 345 Kali Gempa Bumi di Bengkulu Mulai dari M 6,5 sampai M 2,0

      Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Bengkulu mencatat 345 kali gempa bumi di wilayah Bengkulu selama periode Januari hingga September 2022.

      Langkah Awal Kolaborasi, UNS Teken Kerja Sama dengan Universitas Pakuan

      Setelah ini akan ada kerja sama-kerja sama yang dijalin oleh prodi di UNS dengan prodi-prodi yang ada Universitas Pakuan.

      Bantuan untuk Korban Bencana di Pakistan Masih Dibuka hingga 3 Oktober

      Pemerintah masih menerima bantuan dari organisasi masyarakat untuk warga Pakistan terdampak bencana alam hingga pekan depan, tepatnya 3 Oktober 2022.

      Kemenag: Pembimbing Ibadah Haji Harus Besertifikat

      UU No. 8/2019 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah memberi mandat Kementerian Agama untuk membina, salah satu upaya yang dilakukan adalah sertifikasi petugas dan pembimbing ibadah haji.

      Curahan Hati Dedi Mulyadi Jelang Sidang Cerai: Demi Kamu, Aku akan Bertahan

      Anggota DPR RI, Dedi Mulyadi, menyampaikan pesan menyayat hati menjelang sidang gugatan perceraian dengan istrinya, Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika.

      Jokowi Soroti Kasus Hakim Agung Sudrajad

      Presiden Joko Widodo (Jokowi) angkat bicara mengenai Hakim Agung Sudrajad Dimyadi yang menjadi tersangka Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). 

      Viral, Polwan Pekanbaru Aniaya Pacar Adiknya

      Seorang wanita Polisi atau sering disebut Polwan di Pekanbaru, Brigadir IR, diduga mengeroyok dan menganiaya perempuan bernama Riri beberapa hari lalu.