SOLOPOS.COM - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (detik)

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (detik)

JAKARTA–Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Rabu (5/9/2012) pagi bertolak ke Mongolia dan Rusia. Agenda utama adalah menghadiri KTT APEC dan mencari peluang ekonomi baru dengan negara-negara sahabat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Agenda kerja utamanya di Rusia adalah menghadiri KTT APEC di kota Vladivostok. Tahun depan Indonesia menjadi ketua forum kerjasama ekonomi antar negera di kawasan Asia Pasifik tersebut.

“Terkait itu akan dilakukan serah terima Keketuaan APEC dari Rusia ke Indonesia untuk tahun 2013,” kata Staf Khusus Presiden bidang Hubungan Internasional, Teuku Faizasyah, Rabu dini hari.

Di sela-sela gelaran APEC itu, Presiden SBY dijadwalkan untuk mengadakan pertemuan bilateral dengan pemimpin beberapa negara sahabat. Di antaranya dengan Presiden RRT Hu Jintao, Presiden Meksiko Felipe Calderon, Presiden Peru Ollanta Moses Humala, dan Presiden Chile Sebastian Pi?era.

“Tentu saja juga dengan Presiden Vladimir Putin serta beberapa pengusaha Rusia,” sambung Faiz.

Sementara kunjungan kerjanya ke Mongolia pada 5-6 September ini, untuk memenuhi undangan dari Presiden Mongolia, Tsakhia Elbegdorj. Selama dua hari di Ulanbatar, Presiden SBY juga menemui PM Norovyn Altankhuyag, dan Ketua Parlemen Mongolia, Zandaakhuu Enkhbold serta menghadiri Pertemuan Bisnis Indonesia-Mongolia.

“Hubungan antara dua negara terus ditingkatkan utamanya mencari peluang ekonomi baru terkait posisi strategis Mongolia di Asia Tengah. Mongolia juga kaya sumber daya mineral yang perlu secara dikerjasamakan untuk keperluan ketahanan energi kita,” jelas Faiz.

Menurut jadwal, Presiden SBY dan rombongan terbang dari Bandara Halim Perdanakusumah, Jakarta Timur, pukul 08.00 WIB. Pesawat kepresidenan yang dipakai adalah Boeing 757-500, Garuda Indonesia.

Presiden SBY dan Ny. Ani beserta rombongan direncanakan kembali ke Tanah Air pada Senin (10/9/2012. Setibanya di Tanah Air, Presiden SBY langsung membuka resmi pelaksanaan PON di Riau.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya