SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, BANYUMAS — Presiden Keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dengan didampingi Ibu Ani Yudhoyono, Selasa (30/10/2018) siang, hadir dalam temu kader Partai Demokat di Ajibarang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Dalam kesempatan itu, SBY meminta semua komponen masyarakat untuk mengendalikan diri agar sejumlah konflik yang terjadi saat ini dapat segera berakhir. “Saya sangat prihatin atas sejumlah konflik ada di masyarakat yang disebabkan adanya berbagai perbedaan,” katanya.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

SBY yang juga Ketua Umum Partai Demokrat tersebut mengatakan hal itu kepada wartawan seusai bertemu dengan ratusan kader Partai Demokrat Kabupaten Banyumas di salah satu rumah makan, Ajibarang. Menurut dia, konflik yang terjadi saat ini terlihat makin meningkat, beberapa di antaranya berkaitan dengan masalah agama dan etnis.

“Oleh karena itu, saya meminta kepada semua komponen masyarakat untuk sama- sama mengendalikan diri, agar konflik ini segera direda atau diakhiri,” tegasnya.

Selain itu, kata dia, perlu adanya peran bersama antara pemerintah dan ulama atau pimpinan agama untuk bersama-sama menjadi bagian solusi serta menyelesaikan konflik yang ada secara serius. Dengan demikian, konflik yang ada bisa diselesaikan dengan baik sehingga tidak menimbulkan konflik yang lebih besar yang bisa mengancam persatuan dan kesatuan bangsa.

Lebih lanjut, SBY memberikan masukan kepada pemerintah terkait dengan penanganan konflik berdasarkan pengalamannya saat menjadi presiden keenam RI. Menurut dia, pemerintah perlu melakukan pendekatan hukum, pendekatan keadilan, dan kearifan agar konflik yang ada di masyarakat dapat diselesaikan.

“Menurut saya, pandangan saya, dan saya lakukan dulu, karena era saya sebenarnya ada masalah-masalah seperti ini, namun kita sadar, tidak bisa dibiarkan dan harus dikelola. Ada hal yang perlu kita lakukan bersama, yaitu mengelola permasalahan yang sensitif ini. Harus mempergunakan kerangka yang tepat, pertama tentu dari aspek hukum, kemudian keadilan dan diperlukan kearifan,” katanya.

Seusai bertemu dengan ratusan kader Partai Demokrat Kabupaten Banyumas, SBY yang didampingi Ibu Ani Yudhoyono melanjutkan perjalanan ke Tegal untuk melakukan kegiatan serupa.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya