SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Gianyar — Presiden SBY merumuskan kebijakan pembangunan lima tahun mendatang dengan membuat 10 strategi Tampak Siring. Rumusan ini bakal dituangkan dalam instruksi presiden (Inpres).

Rumusan 10 stratgei Tampak Siring ini disampaikan Presiden SBY pada rapat kerja di Istana Tampak Siring, Gianyar, Senin (19/4).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“10 Hal penting dan strategis akan disikusikan, merumuskan arah kebijakan dan strategi. Kemudian saya ingin ada hasil dokumen strategi Tampak Siring yang akan dituangkan dalam Intruksi Presiden,” kata SBY.

SBY menjelaskan 10 strategi Tampak Siring yang bakal dirumuskan oleh para menteri dan gubernur. 10 strategi itu, adalah:

1. Ekonomi tumbuh lebih tinggi. Sasarannya ekonomi tumbuh 7 persen pada 2014 dengan asumsi tidak terjadi krisis baru pada tingkat global. Pertumbuhan itu harus merata termasuk pertumbuhan di provinsi. Investasi dan ekspor harus dipacu tumbuh lebih tinggi.

2. Pengganguran harus menurun dengan menciptakan lapangan pekerjaan. Pengurangan pengganguran menjadi 5-6 persen pada 1014. Pengganguran yang paling tinggi 6 persen. Di Amerika Serikat pengganguran mencapai 10 persen.

3. Kemiskinan harus makin menurun. Sasaran 2014, bisa berkurang menjadi 8-10 persen. Caranya, dengan memberikan bantuan pendidikan dan pelayanan kesehatan sehingga dapat meningkat daya saing untuk bisa dapatkan pekerjaan sehingga mendapatkan menghasilan sehingga kemiskinan akan berkurang.

4. Pendapatan perkapita harus meningkat. Tahun 2014, Indonesia mempunyai income per kapita lebih dari 4.500 dolar AS per kepala per tahun. Jika income per kapita lebih dari 3000  dolar AS per kepala per tahun maka masyarakat akan patuh dengan pranata sehingga mengurangi instabilitas ekonomi dan politik.

5. Stabilitas ekonomi terjamin.

6. Pembiayaan dan sumber dalam negeri harus makin meningkat.

7. Ketahanan pangan dan air.

8. Ketahanan energi ditingkatkan. Pemadaman listirk harus dapat di atasi. Targetnya, Juni tidak terjadi lagi  byar pet lagi.

9. Daya saing ekonomi nasional menguat dan meningkat.

10. Memperkuat ekonomi ramah lingkungan.

dtc/ tiw

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya