SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JAKARTA—SBY akhirnya bicara mengenai Nazaruddin setelah mantan bendahara umum Partai Demokrat (PD) itu cuap-cuap di televisi. Namun SBY menegaskan komentar dia terkait Nazaruddin sudah sesuai porsinya, karena posisi dia sebagai Ketua Dewan Pembina PD.

“Komen saya sederhana, kembalilah Nazaruddin ke Indonesia ke Tanah Air,” kata SBY dengan suara tenang dalam jumpa pers usai salat Jumat di Kantor Presiden, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta, Jumat (22/7).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

SBY mengaku sudah mendapat laporan menyangkut apa yang disampaikan Nazaruddin dalam wawancara di Metro TV dan TVOne. Namun SBY mengaku tidak menonton langsung tayangan wawancara itu.

“Dan komentar saya sederhana, komen ini saya sampaikan baik sebagai Presiden, karena saya tahu Nazar sedang dicari oleh penegak hukum untuk jalankan kewajibannya hadapi proses hukum, sebagai Presiden saya memiliki otoritas untuk sampaikan statement ini dalam konteks itu,” terangnya.

SBY mengaku dirinya tidak tahu di mana Nazaruddin berada, termasuk dengan siapa saja selama ini dia melakukan komunikasi dengan pihak PD.

“Kita dibikin bingung dan curiga satu sama lain. Setelah kembali, ikuti proses hukum yang di KPK. Negara kita negara hukum. Proses hukum akan transparan dan akuntabel dengan azas praduga tidak bersalah. Kalau tidak bersalah pasti tidak akan dihukum. Kalau bersalah pasti dikenai sanksi, tergantung berat atau ringan,” jelasnya.

Menyangkut internal PD, SBY berharap Nazaruddin menyampaikannya di Tanah Air, segera pulang dan memberi informasi yang selengkap-lengkapnya.

“Tentu bukan fitnah dan siap diuji kebenarannya. Mana yang benar dan mana yang tidak benar. Posisi saya sangat jelas saudara-saudara. Makin gamblang makin lengkap apa yang disampaikan Nazarudin, setelah kita uji kebenarannya. Kalau ada yang melanggar etika tentu akan kita beri sanksi. Jangan karena nila setitik rusak susu sebelanga. Demokrat saat ini sedang berbenah diri. Kuncinya adalah Nazar segera kembali. Berikan kepada saya apapun terkait dengan PD,” tuturnya.(dtc)

Foto (detikcom)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya