SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JAKARTA—Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meminta para kepala daerah lebih sering terjun langsung ke lapangan menemui masyarakat.

“Kalau saya masih sering blusukan, para bupati dan walikota harus lebih sering blusukan dalam arti melakukan pengawasan,” katanya dalam pidato pembukaan Rakernas Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia dan Himpunan Penyuluh Pertanian Indonesia, Rabu (20/2/2013).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Presiden menegaskan tiap kepala daerah harus memiliki tolak ukur untuk mengetahui keberhasilan tiap program yang dijalankan dan tidak hanya mengandalkan laporan dari bawahan.

Ekspedisi Mudik 2024

Kunjungan ke lapangan, lanjutnya, adalah indikator paling tepat untuk mengukur keberhasilan program karena menghasilkan laporan langsung dari rakyat yang menjadi sasaran kebijakan.

“Dua jam saya di tempat itu, melihat langsung, berbicara dengan rakyat, saya sudah punya kesimpulan sejauh mana manajemen dan kepemimpinan di daerah untuk melayani rakyat.” kata SBY.

Laporan tersebut kemudian bisa menjadi dasar penyusunan kebijakan yang lebih tepat, memperbaiki manajemen pemerintahan hingga membuat program pro rakyat terimplementasi lebih efektif.

“Dengan sering bertemu mereka hampir pasti tahu apa yang sudah berjalan dengan baik dan apa yang belum berjalan dengan baik. Kebijakan, keputusan, dan program aksi akan lebih tepat karena langsung dijemput di hilir. Hulunya ada pada saudara [para bupati],” kata Presiden.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya