SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JAKARTA- Abraham Samad, Adnan Pandu Praja, Zulkarnain, Bambang Widjojanto, dan Busyro Muqoddas hari ini akan dilantik sebagai pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan akan dipimpin Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Rencananya, pelantikan Ketua KPK dan pimpinan KPK lainnya akan dilakukan di Istana Negara, Jakarta Pusat, Jumat (16/12/2011). Pelantikan akan berlangsung sekitar pukul 14.00 WIB.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Abraham Samad, Adnan Pandu Praja, Zulkarnain, Bambang Widjojanto, dan Busyro Muqoddas akan menjabat pimpinan KPK sampai 2016.

Ketua KPK Abraham Samad terpilih menjadi ketua dengan meraih 43 suara. Doktor hukum Universitas Hasanuddin ini memulai karirnya di bidang hukum sebagai pengacara. Selain itu, dia pun berkiprah dan aktif di lembaga swadaya masyarakat (LSM) antikorupsi, Anti Corruption Committee (ACC) di Sulawesi Selatan.

Dalam uji kelayakan dan kepatutan, aktivis antikorupsi di Makassar ini ingin memprioritaskan penyidik yang berasal dari kalangan independen, bukan dari kepolisian atau kejaksaan. Tujuannya agar KPK lebih kuat.

Sementara, Wakil Ketua KPK, Adnan Pandu Praja, merupakan anggota Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas). Warga Depok, Jawa Barat ini, lulusan sarjana hukum Universitas Indonesia tahun 1987. Ia meraih gelar Master of Law di University of Technology, Sydney Australia  tahun 2004.

Selanjutnya adalah mantan Koordinator Staf Ahli Jaksa Agung, Zulkarnaen, terpilih menjadi Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi periode mendatang. Menurut Zulkarnain, masih ada beberapa hal yang perlu diperbaiki dari KPK pimpinan Busyro Muqoddas.

Bambang Widjajanto, pria yang akrab disapa BW ini mengatakan, yang perlu dibangun oleh pimpinan KPK saat ini adalah kepercayaan. “Kalau Anda bekerja sama sudah punya persepsi faksionalisasi dan kecurigaan, itu tidak bisa kerja, karena nanti pekerjaannya adalah mencurigai yang lain,” kata dia.  VIVAnews

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya