SOLOPOS.COM - Dubes RI untuk AS Dino Patti Djalal (kanan) bersama istri Rosa Rai Djalal (Dok/Solopos)

Solopos.com, JAKARTA — Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) melantik Budi Bowoleksono sebagai Duta Besar (Dubes) RI untuk Amerika Serikat (AS) menggantikan Dino Patti Djalal.

Pelantikan Budi dilakukan pada hari ini, Jumat (14/2/2014), bersamaan dengan pelantikan tujuh duta besar luar biasa dan berkuasa penuh lainnya. Budi mengatakan hubungan Indonesia-Amerika Serikat semakin luas sejak Presiden Barack Obama menandatangani comprehensif partnership pada Oktober 2010.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sejak itu, ujarnya, hubungan dua negara sudah tidak lagi berdasarkan tema-tema khusus seperti sebelumnya. “Jadi prioritas saya adalah memperdalam hubungan dan kerja sama yang sudah luas ini,” ujarnya.

Budi terutama menyorot pentingnya kerjasama pertahanan dan pendidikan. Juga kerja sama perdagangan dan investasi. “Itu penting,” katanya.

Dia melanjutkan salah satu peluang kerjasama adalah di sektor ekonomi kreatif. “Indonesia mulai dijadikan tempat syuting film Hollywood. Itu saya kira hal yang perlu didorong terus peluangnya. Peluangnya ada, walau bukan berarti tidak ada tantangan,” katanya.

Selain melantik Budi, hari ini, Presiden juga mengambil sumpah jabatan tujuh duta besar lainnya yakni Irmawan Emir Wisnandar yang ditugaskan menjadi Dubes RI untuk Republik Demokratik Rakyat Laos yang berkedudukan di Vientine.

Selanjutnya Moenir Ari Soenanda SH untuk Republik Peru merangkap Negara Plurinasional Bolivia, Ito Sumardi untuk Republik Uni Myanmar. Johny J. Lumintang untuk Filipina merangkap Republik Kepulauan Marshall dan Republik Palau; Abdurrahmad Mohammad Fachir untuk Kerajaan Arab Saudi; Burhanudin untuk Republik Sudan merangkap Eritrea; dan Suprapto Martosetomo untuk Republik Afrika Selatan merangkap Kerajaan Lesotho, Kerajaan Swaziland, dan Republik Botswana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya