SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JAKARTA—Presiden SBY memastikan saat ini tidak ada lagi warga berpenghasilan rendah yang kesulitan mendapat pelayanan kesehatan dan pendidikan. Ini merupakan hasil kerja keras pemerintah meningkatkan kualitas serta cakupan layanan hak dasar terhadap warga negara.

“Di masa lalu, masyarakat berpendapatan rendah sering mengalami kesulitan untuk mengakses pelayanan dasar. Alhamdullilah, keadaan ini telah berubah. Saat ini, saya dapat memastikan bahwa semua warga negara berpenghasilan rendah, memiliki hak untuk memperoleh pelayanan kesehatan dan pendidikan dari pemerintah,” kata SBY.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hal ini disampaikannya dalam pidato kenegaraan di hadapan rapat anggota DPR dan DPD. Rapat gabungan ini berlangsung di Gedung DPR/MPR, Senayan, Jakarta, Selasa (16/8).

Presiden SBY menegaskan, peningkatan pemenuhan hak dasar masyarakat mendapatkan layanan kesehatan dan pendidikan, dilakukan secara bertahap seiring dengan membaiknya keuangan negara. Demi keadilan dan kesejahteraan seluruh warga negara, pemerintah memberikan perhatian ekstra kepada warga berpendapatan rendah.

“Tidak boleh ada lagi anak-anak kita dalam usia wajib belajar yang tidak bisa bersekolah. Tidak boleh juga ada warga negara tidak mampu, yang gagal memperoleh pelayanan dasar kesehatan dari pemerintah.” tegas SBY.

Namun pelaksanaan dari pemenuhan hak-hak dasar tersebut sangat membutuhkan peran aktif jajaran di daerah. Tanpa peran pemerintah daerah, makan upaya pemerintah pusat tidak akan dapat diterapkan dengan baik.

“Oleh karena itu, saya menyeru agar seluruh jajaran pemerintah, di tingkat nasional, provinsi, kabupaten dan kota, memastikan bahwa program yang mulia ini dapat diimplementasikan dengan baik dan nyata,” seru SBY.(dtc)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya