SBMPTN UNS Solo 2022, Ini Prodi Dengan Persaingan Paling Ketat

Dengan jumlah peserta yang meningkat sebesar 6,75 persen, tingkat persaingan pada SBMPTN UNS Solo 2022 semakin ketat.

 Ilustrasi UNS Solo. (Istimewa/Humas UNS)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi UNS Solo. (Istimewa/Humas UNS)

Solopos.com, SOLO — Universitas Sebelas Maret atau UNS Solo mengumumkan hasil SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) tahun 2022 pada Kamis (23/6/2022). Dibandingkan tahun sebelumnya, SBMPTN UNS tahun ini diikuti lebih banyak peserta.

Tingkat persaingan di tiap program studi (prodi) pun semakin ketat. Rektor UN Solo Jamal Wiwoho, dalam konferensi pers di kampus UNS Kentingan, Jebres, Solo, Kamis, mengungkapkan jumlah peserta SBMPTN tahun ini naik 6,75 persen dibanding tahun lalu.

PromosiCara Meningkatkan Omzet & Performa di Tokopedia, Enggak Sulit Kok!

Pada 2021, peserta SBMPTN UNS sebanyak 49.983 orang. Sedangkan tahun ini SBMPTN UNS mencapai 53.358 orang. Dari jumlah tersebut, hanya 2.860 peserta atau 5,36 persen dari total peserta yang dinyatakan lolos dan diterima sebagai calon mahasiswa baru UNS Solo.

Artinya tingkat persaingan untuk masuk ke UNS Solo melalui jalur SBMPTN 2022 cukup tinggi. “Secara nasional UNS masuk 10 besar dengan nilai rata-rata UTBK tertinggi pada bidang saintek [sains dan teknologi],” kata Jamal.

Ada pun program studi atau prodi dengan tingkat persaingan paling ketat untuk bidang saintek yakni Prodi Farmasi dengan tingkat persaingan 1:55 atau satu diperebutkan oleh 55 pendaftar.

Baca Juga: Peserta UTBK SBMPTN UNS Solo 2022 Tambah 4.023 Orang, Persaingan Ketat!

Berikut prodi Kedokteran dengan angka keketatan 1:46, prodi Informatika 1:35, prodi Kebidanan 1: 34, prodi Psikologi 1:33, prodi Ilmu dan Teknologi Pangan 1: 26.

Kemudian prodi Teknik Industri 1:25, prodi Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) 1: 23, prodi Keselamatan Dan Kesehatan Kerja 1: 21 dan prodi Statistika sebesar 1: 21.

Sementara pada rumpun program studi Sosial dan Humaniora (Soshum), prodi dengan tingkat persaingan paling ketat pada SBMPTN UNS 2022 yakni Manajemen dengan anga 1:47. Kemudian prodi Ilmu Komunikasi 1: 47, prodi Hubungan Internasional 1:36.

Baca Juga: Kelar Ujian, Peserta UTBK SBMPTN UNS Solo Diadang Brosur PTS

Berikutnya prodi Bimbingan dan Konseling 1: 32, prodi Akuntansi 1: 28, prodi Sastra Inggris 1: 28, prodi Ilmu Administrasi Negara 1: 25. Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran 1:23, prodi Sosiologi 1: 22 dan prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Surakarta 1:20.

Pelaksanaan ujian tulis berbasis komputer (UTBK) SBMPTN 2022 berlangsung dua gelombang. Gelombang pertama UTBK SBMPTN 2022 digelar 17-23 Mei 2022. Sementara gelombang kedua UTBK SBMPTN 2022 dilaksanakan 28 Mei-3 Juni 2022.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Kolaborasi Banyak Pihak Mendukung Keberhasilan Revitalisasi Bahasa Jawa

+ PLUS Kolaborasi Banyak Pihak Mendukung Keberhasilan Revitalisasi Bahasa Jawa

Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah mengajak banyak pemangku kepentingan berkolaborasi merevitalisasi bahasa Jawa. Bahasa Jawa merupakan satu dari 38 bahasa daerah yang tersebar di 12 provinsi di Indonesia.

Berita Terkini

Miris! Solo Kota Layak Anak, Tapi Minim Lokasi Lapang Untuk Bermain

Minimnya lahan dan lokasi untuk bermain yang bisa diakses secara bebas oleh anak di Kota Solo membuat mereka bermain di tempat berbahaya seperti jalan kampung dan rel KA.

Hari Senin Cerah Berawan, Ini Prakiraan Cuaca Boyolali 27 Juni 2022

Artikel ini menyajikan prakiraan cuaca Boyolali Senin (27/6/2022),

Tak Ada Potensi Hujan, Begini Prakiraan Cuaca Kota Solo Senin 27 Juni

Prakiraan cuaca BMKG untuk Kota Solo hari ini, Senin (27/6/2022), tidak menunjukkan ada potensi hujan sepanjang hari.

Semangat Kerja! Cek Prakiraan Cuaca Sukoharjo Senin 27 Juni 2022

Ini dia prakiraan cuaca wilayah Sukoharjo pada Hari Senin (27/6/2022).

Prakiraan Cuaca Boyolali Hari Senin Ini: Stabil Berawan Pagi-Malam

Prakiraan cuaca Boyolali hari ini Senin 27 Juni 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Senin Ini: Berawan Pagi-Malam

Prakiraan cuaca Wonogiri hari ini Senin 27 Juni 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

Prakiraan Cuaca Klaten Hari Senin Ini: Berawan Pagi-Malam

Prakiraan cuaca Klaten hari ini Senin 27 Juni 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

Hidupi 3 Anak, Segini Penghasilan Ibu Kakak-Beradik Pemulung di Solo

Ibu kakak-beradik yang menjadi pemulung di Kota Solo menceritakan perjuangannya menghidupi tiga anak dengan penghasilannya dari menjual barang rongsokan.

SoloKeren #2: Milenial Melek Digital, Tak Perlu Takut Nabung di Bank

Acara SoloKeren #2 yang digelar di Edutorium UMS Solo mengajak generasi milenial tidak perlu takut menabung di bank karena ada jaminan dari LPS.

Ibunda Bagas Pemulung Cilik Di Solo Ternyata Punya Kisah Memilukan

Ibunda Bagas dan Risky, dua kakak beradik yang jadi pemulung di Solo ternyata pernah mengalami kejadian traumatis di masa lalu.

Kronologi 2 Motor Adu Banteng di Karanganyar, 1 Orang Meninggal

Kecelakaan adu banteng melibatkan dua motor di Jalan Raya Solo-Tawangmangu, tepatnya Desa Bangsri, Karangpandan, Karanganyar pada Sabtu (25/6/2022) menyebabkan satu orang meninggal.

Terminal Tirtonadi Solo Kini Megah Dan Ramai, Ini Sosok Di Baliknya

Transformasi Terminal Tirtonadi Solo dari yang dulu terkesan kumuh dan rawan tidak kejahatan menjadi bersih dan modern tidak lepas dari andil tokoh ini.

Kejuaraan Nasional Freestyle Polres Wonogiri Bikin Decak Kagum Penonton

Polres Wonogiri menggelar kejuaraan nasional freestyle Stunfest Bhayangkara di Halaman Gelanggang Olahraga (GOR) Giri Mandala Wonogiri, Minggu (26/6/2022).

SMPN di Sragen Kota Kurang Siswa, Berjarak 4 Menit dari Kantor Bupati

Panitia PPDB Online Sragen 2022 menyebut satu SMP di Sragen Kota kekurangan siswa padahal lokasinya hanya berjarak 4-5menit dari Kantor Bupati Sragen.

2 Anaknya Jadi Pemulung Di Solo, Begini Penjelasan Ibunda Bagas-Risky

Ibunda Bagas dan Risky, Ani, menceritakan kondisi keluarga dan dua anaknya yang menjadi pemulung di Solo.

Tekad Ganjar Kurangi Sampah di Jateng, Ini 5 Rumusan Kongres Sampah II

Kongres Sampah II di Paseban Candi Plaosan, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten merekomendasikan lima hal penting untuk mengelola sampah di wilayah Jateng.