SOLOPOS.COM - Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Prof. Jamal Wiwoho (istimewa)

Solopos.com, SOLO — Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SBMPTN UNS Solo bakal dibuka mulai Rabu (23/3/2022) mendatang. Salah satu jalur seleksi yakni Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

Namun sebelum itu seluruh pendaftar wajib registrasi akun melalui Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Berdasarkan data dari LTMPT, registrasi akun dimulai sejak pertengahan Februari hingga 17 Maret mendatang.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Setelah itu dilanjutkan dengan pendaftaran UTBK-SBMPTN pada 23 Maret hingga 15 April. Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Jamal Wiwoho, di sela-sela menjadi narasumber kegiatan Parade Tanya Master Kampus, beberapa waktu lalu, memberikan tips dan trik lolos SBMPTN.

Baca Juga: Mengenal Pingkan Pashanita, Alumnus Pertanian UNS Solo yang Rintis Bisnis Fashion

Usaha dan kerja keras, menurutnya, merupakan poin paling penting agar lolos SBMPTN UNS Solo. Disusul keinginan terus belajar dengan membandingkan kemampuan diri setiap harinya.

“Siap menghadapi UTBK SBMPTN 2022 ditandai dengan usaha, kerja keras, dan tidak boleh malas saat belajar. Senantiasa membandingkan kemampuan diri sendiri. Apakah ada kemajuan atau tidak setiap harinya,” kata Jamal.

Mental dan Religi

Tips lain yakni mengenali minat dan kompetensi diri, kemudian menggali Program Studi (Prodi) beserta daya tampungnya melalui website Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Dilanjutkan dengan mengerjakan soal terus menerus dengan simulasi tryout maupun latihan mandiri.

Baca Juga: 10 PTN Paling Diminati di SBMPTN 2019, UNS Solo Peringkat 2

“Siapa yang tidak siap, berpeluang akan kalah lebih besar. Dengan demikian, siapkan diri sebaik mungkin untuk menghadapi SBMPTN 2022 melalui jalur UTBK,” tambah Rektor UNS Solo tersebut.

Selain itu, Jamal mengatakan siapkan juga mental dan religi dengan baik, senantiasa berdoa dan berusaha yang keras. “Pilihlah Prodi yang cocok dan sesuai dengan kemampuan. Jangan mudah terbujuk rayu atau tergoda oleh orang lain. Saya doakan kalian sukses melalui jalur UTBK SBMPTN 2022,” imbuhnya.

Baca Juga: SBMPTN UNS: Seleksi Ilmu Komunikasi dan Farmasi Paling Ketat

Sementara berdasarkan data 2020-2021 yang dihimpun Solopos.com dari LTMPT, peminat paling banyak yakni Jurusan Kedokteran. Jumlah pendaftar sebanyak 2.980 orang dengan daya tampung 77 orang.

Sedangkan paling sedikit pendaftar yakni Jurusan Seni Rupa Murni. Jumlah peminal 57 orang dengan daya tampung 21 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya