SOLOPOS.COM - Ilustrasi kampus Universitas Negeri Semarang (Unnes). (JIBI/Semarangpos.com/Dok.)

SBMPTN 2016 membuat Unnes menerima 2.603 mahasiswa baru.

Semarangpos.com, SEMARANG — Universitas Negeri Semarang (Unnes) menerima 2.603 mahasiswa dari hampir 50.000 pendaftar melalui Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) 2016.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Ada sekitar 49.000 pendaftar Unnes melalui SBMPTN. Namun, kami hanya menyediakan kuota 2.603 mahasiswa,” kata Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Humas Unnes Hendi Pratama di Semarang, Selasa (28/6/2016).

Menurut dia, jurusan atau program studi di Unnes yang paling banyak menerima mahasiswa lewat SBMPTN adalah Ilmu Hukum dengan mahasiswa baru sebanyak 141 orang, sementara paling sedikit Geografi dan Bahasa Mandarin dengan 14 mahasiswa.

Ia menjelaskan para calon mahasiswa baru Unnes yang diterima lewat SBMPTN diharuskan mengisi borang isian data diri dan mengunggah dokumen yang dipersyaratkan di website http://datapokok.unnes.ac.id.

“Pengisian borang dan dokumen yang dipersyaratkan itu mulai 29 Juni-12 Juli 2016. Syarat kedua adalah membayar uang kuliah tunggal (UKT), kecuali pendaftar dari beasiswa Bidik Misi,” katanya.

Untuk pendaftar yang mendapatkan beasiswa Bidik Misi, kata dia, Unnes pada tahun ini menyediakan kuota sebanyak 1.001 mahasiswa dari seluruh mahasiswa yang diterima PTN berjuluk universitas konservasi itu.

Hendi menyebutkan besaran UKT sama untuk setiap semester dan besarannya akan diumumkan pada 20 Juli melalui website Unnes. “Setelah itu, calon mahasiswa bisa melakukan pembayaran UKT mulai 20-26 Juli di bank yang ditunjuk, yakni BTN, BNI, BRI, atau Bank Mandiri di seluruh wilayah Indonesia,” katanya.

Para calon mahasiswa, kata dia, diwajibkan pula melakukan registrasi ulang pada 20-27 Juli 2016 dengan persyaratan sudah melunasi biaya pendidikan, kecuali pendaftar yang mendapatkan beasiswa Bidik Misi.

Sementara itu, Pembantu Rektor Unnes Bidang Akademik Prof Rustono meminta pendaftar yang tidak lolos jalur SBMPTN 2016 untuk tidak berkecil hati karena masih ada satu lagi jalur masuk, yakni jalur mandiri.

“Bagi yang ingin mendaftar jalur mandiri bisa melakukannya secara ‘online’ di website Unnes. Kami buka pendaftaran jalur mandiri sejak 1 Juni lalu dan akan berakhir pada 14 Juli mendatang,” katanya.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya