SOLOPOS.COM - Peserta Ujian Selaksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Universitas Sebelas Maret Solo, Selasa (18/6/2013), mengerjakan soal-soal ujian di SMP Negeri 1 Solo. (Sunaryo Haryo Bayu/JIBI/SOLOPOS)

SBMPTN 2015 biasanya menjadi seleksi ketat untuk calon mahasiswa PTN. Namun, tak semua yang lulus menjadi mahasiswa.

Solopos.com, SOLO — Calon mahasiswa yang diterima melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2015 yang hingga Minggu (12/7/2015) tidak melakukan pengisian biodata secara online, dipastikan gugur. Kekosongan kursi tersebut akan diisi peserta dari jalur Seleksi Mandiri (SM) UNS.

Promosi Digitalisasi Mainkan Peran Penting Mendorong Kemajuan UMKM

Hal itu ditegaskan Ketua Panitia Lokal (Panlok) 44 UNS Solo, Sutarno, ketika dimintai konfirmasi, Rabu (15/7/2015). Dia menerangkan pihaknya mencatat, dari 2.189 calon mahasiswa UNS yang telah diterima melalui jalur SBMPTN, ada 188 calon yang tidak mengisi biodata secara online. Ke-188 calon mahasiswa itu pun dinyatakan gugur.

“Karena pengisian biodata tersebut merupakan salah satu syarat yang harus dilakukan calon mahasiswa yang telah lolos. Namun karena hingga Minggu tersebut mereka tidak melakukan pengisian, mereka dinyatakan mengundurkan diri,” ungkap Sutarno yang juga Ketua Panitia Seleksi Penerimaan Masuk Perguruan Tinggi (SPMB) UNS.

Sutarno menyatakan terkait tahapan pengisian biodata tersebut sebelumnya telah diumumkan secara terbuka maupun diinformasikan kepada yang bersangkutan. Di samping itu, pengisian biodata tersebut juga untuk mengantisipasi kekosongan kursi hasil SBMPTN. Dengan diketahui lebih dini adanya kekosongan tersebut, maka bisa diisi oleh jalur seleksi mandiri.

Dengan adanya 188 calon yang dinyatakan gugur, hanya sebanyak 2.001 calon mahasiswa yang diterima lewat jalur SBMPTN tersebut. Sedangkan untuk SM 2015, UNS menerima sebanyak 1.600 calon mahasiswa. Jumlah itu, adalah total untuk masuk program sarjana strata 1 (S1) dan program Diploma.

Pengumuman SM UNS telah ditayangkan secara online melalui website Panitia SPMB UNS, Senin (13/7/2015), dan mulai bisa diakses Senin sore lalu. Sutarno berharap calon mahasiswa yang telah dinyatakan diterima lewat jalur SM mencermati persyaratan dan tahapan berikutnya yang harus mereka laksanakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya