SOLOPOS.COM - Ilustrasi (bidikmisi.dikti.go.id)

SBMPTN 2015 diikuti oleh lebih banyak peserta Bidikmisi dibandingkan tahun sebelumnya.

Solopos.com, JAKARTA — Berdasarkan laporan panitia Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2015, jumlah peserta Bidikmisi atau program beasiswa dari pemerintah untuk pelajar berprestasi yang tidak mampu ini meningkat hingga 12,07%.

Promosi Apresiasi dan Berdayakan AgenBRILink, BRI Bagikan Hadiah Mobil serta Emas

Peserta Bidikmisi 2015 meningkat menjadi 90.686 peserta dari tahun sebelumnya yang hanya mencapai 80.919 peserta. Menurut Ketua Panitia SBMPTN 2015, Rochmat Wahab banyaknya peminat bidikmisi dikarenakan biaya kuliah di perguruan tinggi negeri di Indonesia semakin menyusahkan siswa tidak mampu.

Ekspedisi Mudik 2024

Pasalnya, semenjak diberlakukannya uang kuliah tunggal (UKT), banyak siswa berprestasi namun tidak mampu yang mengurungkan niat untuk melanjutkan ke pendidikan tinggi. “Memang dari awal kebijakan itu saya sudah menduga bahwa UKT itu hanya menguntungkan yang kaya, yang miskin itu sebenarnya terepotkan,” tandas Rochmat.

Namun menurutnya, dengan banyaknya pendaftar program beasiswa Bidikmisi 2015, tidak semua pendaftar diterima. Panitia seleksi memperketat proses seleksi dengan melakukan visitasi langsung kerumah peserta calon mahasiswa yang mendaftar bidikmisi melalui SBMPTN.

“Nantinya setelah lolos dari ujian SBMPTN, pada saat verifikasi di masing PTN akan dilakukan kembali visitasi dan validasi terhadap peserta bidikmisi tersebut. Jadi yang menerima bidikmisi memang yang benar-benar berhak,” ujarnya.

Seperti diketahui, tahun ini, siswa yang lolos program bidikmisi melalui SBMPTN sebanyak 21.593 atau 23,38% dari jumlah peserta yang mendaftar. Perguruan Tinggi yang paling banyak menerima calon mahasiswa bidikmisi adalah Universitas Khairun Ternate yaitu sebanyak 970 calon mahasiswa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya