SOLOPOS.COM - Kampus Universitas Sebelas Maret (UNS) Kentingan, Solo (ilustrasi/kampus-info.com)

Solopos.com, SOLO– Jumlah pendaftar pada tiga hari pertama pelaksanaan pendaftaran peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di Universitas Sebelas Maret (UNS) mencapai 303 orang. Untuk kelompok ujian sosial dan humaniora (soshum) sementara memiliki jumlah pendaftar tertinggi.
Disampaikan Ketua Panita Seleksi Peneriman Mahasiswa Baru (SPMB) UNS, Sutarno, berdasarkan jurnal Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) pukul 14.00, Rabu (14/5), jumlah pendaftar SBMPTN ke UNS sudah mencapai 303 orang.
“Untuk kelompok ujian saintek [sains dan teknologi] 100 orang, soshum 148 orang dan campuran 55 orang,” terang Sutarno dalam pesan singkatnya, Rabu (14/5/2014). Dari jumlah tersebut, terdapat 34 orang yang mendaftar Bidikmisi. Yaitu 9 orang dari kelompok uji saintek, 22 orang dari kelompok uji soshum, dan 3 orang dari kelompok uji campuran.
Sebelumnya, Sutarno mengatakan Panitia SPMB UNS telah mengalokasikan 20 ribu kursi untuk pelaksanaan tes tertulis SBMPTN 2014. Untuk pendaftaran SBMPTN sendiri dibuka selama 3 minggu ke depan, yaitu 12 Mei hingga 6 Juni 2014. Dia mengatakan pendaftaran SBMPTN dilakukan secara online.
Untuk kuota yang akan diterima UNS dari SBMPTN sebanyak 1.823 orang. Jumlah tersebut sekitar 30-40 persen dari total kuota yang akan diterima UNS secara keseluruhan. “Tapi itu kalau yang SNMPTN mengambil semua. Kalau ternyata ada mahasiswa baru dari SNMPTN yang tidak daftar ulang maka jumlahnya bisa lebih dari 1.823 orang yang akan diambil dari SBMPTN. Untuk SNMPTN kami ambil 2.800 orang,” terang dia.

Sutarnio mengatakan, untuk pelaksanaan ujian tertulis SBMPTN hanya dilakukan sehari, yaitu pada 17 Juni 2014. Namun peserta yang memilih bidang ilmu seni dan keolahragaan, selain ujian tertulis juga harus mengikuti ujian keterampilan yang digelar pada 18 atau 19 Juni 2014. “Setelah itu dalam waktu sebulan akan diumumkan, yaitu pada 16 Juli jam 5 sore, kalau tidak ada gangguan,” terang Sutarno.

Promosi Kuliner Legend Sate Klathak Pak Pong Yogyakarta Kian Moncer Berkat KUR BRI

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya