SOLOPOS.COM - SBC 2011

SBC 2011 (dok)

SOLO--Pemkot Solo hanya menyediakan anggaran senilai Rp100 juta untuk stimulan penyelenggaraan Solo Batik Carnival (SBC) V tahun 2012 ini. Dana ini diperkirakan cukup untuk persiapan, workshop, dokumentasi dan sebagainya.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Namun untuk penyelenggaraannya, yang membutuhkan dana jauh lebih besar, panitia harus putar otak mencari dana dari sponsor. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Solo, Widdi Srihanto, saat diwawancarai wartawan di Balaikota, Selasa (31/1/2012) mengungkapkan stimulan untuk penyelenggaraan SBC dari tahun ke tahun memang dibuat semakin kecil. Hal ini untuk mendorong kemandirian masyarakat dalam penyelenggaraan acara itu.

“Dana stimulannya Rp100 juta, lebih kecil dibandingkan tahun lalu yang mencapai Rp125 juta. Tidak apa-apa, ini justru bagus. Nanti kan lama-lama masyarakat akan semakin mandiri dan sadar bahwa ini event mereka,” jelas Widdi.

Selanjutnya, kata Widdi, pemerintah tinggal membantu mempromosikan. Misalnya, mengikutkan SBC dalam berbagai ajang bertaraf nasional maupun internasional. “Tahun ini ada agenda ke Malaysia dan Singapura. Lalu tahun 2013 ada rencana mengirim 100-an peserta SBC ke ajang Internation Tourism Boors di Jerman,” ungkap Widdi.

Terpisah, salah satu panitia SBC V, Heru Prasetya mengatakan stimulan dana dari pemerintah senilai Rp100 juta itu rencananya dipakai untuk membiayai persiapan mulai dari pendaftaran, workshop, dan dokumentasi. Dia memperkirakan dana itu cukup.

Sedangkan untuk penyelenggaraannya, Heru mengatakan akan berusaha mencari dana dari sponsor. Menurut Heru, dana yang diperlukan untuk penyelenggaraan SBC cukup besar.

”Saya belum bisa menyebut angka pastinya tapi berdasarkan pengalaman penyelenggaraan event sejenis di Jogja belum lama ini, habisnya sekitar Rp1,5 miliar. Apalagi SBC kan digelar malam sehingga butuh dana lebih besar untuk panggung, lighting, dan sebagainya,” paparnya, saat diwawancarai Solopos.com melalui telepon, Selasa.

(JIBI/SOLOPOS/Suharsih)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya