SOLOPOS.COM - Solo Batik Carnival 4

Solo Batik Carnival 4

Solo (Solopos.com)–Perhelatan Solo Batik Carnival (SBC) 2011 di sepanjang Jl Slamet Riyadi Solo, Sabtu (25/6/2011) malam, rupanya benar-benar menjadi event yang paling ditunggu-tunggu oleh masyarakat.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Hal itu terlihat dari antusiasme puluhan ribu warga yang beramai-ramai turun ke jalan untuk menyaksikan karnaval tersebut. Bahkan sebagian besar dari mereka sudah memadati sepanjang jalan protokol itu sekitar setengah jam sebelum para peserta diberangkatkan dari Perempatan Purwosari Solo.

Mereka pun rela berdesak-desakan dan berjubel demi menyaksikan perhelatan karnaval dengan menggunakan kain batik sebagai materi kreativitas penciptaan kostum fantastik tersebut. Tak sedikit yang akhirnya merangsek ke tengah jalan demi bisa melihat para peserta dari dekat.

Bahkan beberapa anak naik ke panggung tambahan yang ada di timur panggung utama. Panggung itu terbuat dari bambu yang dibuat khusus untuk empat model yang mengenakan kostum kreasi batik.

Tidak hanya pemilihan waktu penyelenggaraan di malam hari yang mampu membuat suasana karnaval itu menjadi berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, tema Amazing Legend yang diusung dalam gelaran SBC kali ini mampu membuat para penonton yang tumpah ruah di jalan tersebut terpesona.

Di antara sejumlah tamu undangan yang menyaksikan gelaran SBC 2011 dari panggung utama, tampak hadir Wakil Menteri Perhubungan (Wamenhub) RI, Bambang Susantono dan perwakilan dari Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata, M Faried yang menjabat sebagai Direktur Promosi Dalam Negeri Direktorat Jenderal (Ditjen) Pemasaran Pariwisata.

Menurut Faried, penyelenggaraan SBC di Solo merupakan core event yang akan menaikkan citra Kota Solo di tingkat internasional.

“Gelaran SBC keempat ini sudah memiliki bobot untuk bisa memromosikan Kota Solo di tingkat internasional. Diharapkan ke depan akan bisa menginspirasi daerah-daerah lain untuk bisa memromosikan daerahnya secara efektif,” kata Faried saat ditemui wartawan di sela-sela pergelaran SBC, Sabtu.

Sementara itu kejutan datang dari Walikota Solo, Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo (Rudy) yang malam itu mengenakan kostum seragam Kolonel Garda Irlandia berwarna merah yang dikreasi dengan kain batik.

Jokowi dan Rudy juga mengikuti perjalanan para peserta mulai dari Perempatan Purwosari itu hingga kawasan Ngarsapura.

Sebagaimana diketahui, SBC 2011 tersebut mengangkat empat legenda terkenal di Jawa, yaitu Ratu Pantai Selatan, Roro Jonggrang, Ratu Kencana Wungu dan Ande-ande Lumut.

Sebanyak 324 karya kostum kreasi batik ditampilkan dalam gelaran SBC 2011 tersebut.

(sry)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya