SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Dok. SOLOPOS)

Ilustrasi (Dok. SOLOPOS)

Solo (Solopos.com)–Perhelatan Solo Batik Carnival (SBC) keempat di Kota Bengawan bakal lain dari biasanya. Selain digelar pada malam hari, tema karnaval juga bernuansa magis, salah satunya ialah membawakan legenda Ratu Pantai Selatan.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Panitia SBC bahkan jauh-jauh hari telah menjadwalkan untuk sowan ke Pantai Parangkusumo, DIY terlebih dulu guna mohon izin dalam membawakan SBC yang bertema legenda Nyai Roro Kidul tersebut.

”Istilahnya itu uluk salam dulu. Kami sudah mengagendakan untuk ke Pantai Selatan bersama-sama. Karena salah satu tema SBC nanti memang legenda Ratu Pantai Selatan,” terang Kepala Dinas Pariwisata dan Seni Budaya Solo, Purnomo Subagyo, kepada Espos di Kompleks Balaikota Solo, Sabtu (28/5/2011).

Meski demikian, Purnomo menegaskan bahwa sowan yang bakal dilakukan tim panitia ke Pantai Parangkusumo bukanlah untuk menjalankan ritual yang berbau takhayul. Melainkan, menjalankan ritual budaya Jawa yang telah ada sejak zaman dahulu kala.

(asa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya