SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Dwi Prasetya/JIBI/SOLOPOS)

Ilustrasi (Dwi Prasetya/JIBI/SOLOPOS)

SOLOEvent tahunan Solo Batik Carnival (SBC) akan kembali disuguhkan kepada masyarakat Solo, Sabtu (30/6/2012) malam. Sekitar 300 peserta akan meramaikan acara itu.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Seperti tahun-tahun sebelumnya, para peserta akan berpawai di jalanan, meskipun pada penyelenggaraan kali ini panitia  menghadirkan sesuatu yang berbeda dengan gelaran di dalam Stadion R Maladi Sriwedari.

Untuk itu, rekayasa lalu lintas telah disiapkan oleh Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) bersama pihak kepolisian. Sebanyak 25 titik ruas jalan dan persimpangan di sepanjang Jl Slamet Riyadi mulai dari perempatan Gendengan sampai Bundaran Gladak dan berlanjut ke Jl Jenderal Sudirman hingga depan Balaikota Solo akan dipasangi blokade.

Sedangkan untuk lokasi parkir penonton, panitia telah menyiapkan sebanyak 24 titik lokasi. Titik parkir itu memanfaatkan halaman gedung perkantoran, sekolah, bank dan sebagainya. Penjelasan tersebut disampaikan Kasi Bimbingan Keselamatan dan Ketertiban Dishubkominfo, Ongko Prasetyo, dalam konferensi pers yang digelar panitia SBC di Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Solo, Kamis (28/6/2012).

Sistem Buka Tutup

Dari 25 titik ruas jalan yang dipasangi blokade itu, hanya Perempatan Gendengan yang diberlakukan buka tutup, supaya tidak terjadi penumpukan menjelang pertigaan Stadion R Maladi. “Panjang iring-iringan pawai nanti kemungkinan mulai bawah jembatan penyeberangan sampai pertigaan stadion. Kendaraan yang sudah terlanjur masuk dari arah barat, akan dialihkan ke utara di Jl Cipto Mangunkusumo,” jelas Ongko.

Dari pihak kepolisian, Kanit Patroli Polresta Solo, Muh Rikha mengungkapkan akan ada 60-an personel yang dikerahkan untuk membantu mengatur lalu lintas. Sementara pertunjukan SBC V menurut jadwal dimulai sekitar pukul 18.30 WIB dengan penyajian di dalam Stadion R Maladi Sriwedari untuk penonton yang telah membeli tiket.

Pejabat Humas Panitia SBC V, Anton Sri Bambu, mengungkapkan sampai Rabu (27/6/2012) jumlah tiket yang terjual sebanyak 113 tiket kelas reguler seharga Rp25.000, 101 tiket kelas VIP seharga Rp75.000 dan 59 tiket kelas VVIP seharga Rp200.000. “Meski pertunjukan dimulai pukul 18.30 WIB, penonton VIP, VVIP dan tamu undangan diharapkan datang maksimal pukul 17.00 WIB untuk gala dinner. Sementara untuk penonton reguler, gerbang akan ditutup pukul 18.00 WIB,” ujar Anton.

Pertunjukan SBC di dalam stadion akan berlangsung selama satu jam. Setelah itu, penonton di dalam stadion akan diberi kesempatan selama setengah jam untuk berfoto bersama peserta SBC. Baru setelah itu peserta keluar dari pintu pojok utara-timur stadion untuk pertunjukan di jalan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya