Tentang SBBI Award 2020

  • Tentang SBBI Award 2020

Merek atau brand merupakan kekayaan penting bagi sebuah perusahaan. Oleh karena itu diperlukan strategi khusus untuk mengelolanya. Merek juga menjadi dasar untuk menyusun strategi pemasaran produk.

Perusahaan dituntut mengelola mereknya dengan baik sehingga produk yang dihasilkan dapat diterima pasar. Sebagai aset penting, dinamika merek di pasar wajib dipantau, khususnya bagi para pengelola.

Di tengah kompetisi bisnis yang ketat, posisi merek di pasar setiap saat bisa berubah. Karena itu dibutuhkan sebuah parameter untuk mengukur berbagai perubahan posisi merek secara berkesinambungan.

The Power of Innovation

Solo Best Brand & Innovation (SBBI Award) adalah metamorfosis dari Solo Best Brand Index-Jogja Best Brand Index (SBBI-JBBI). Masih mengacu pada riset-riset sebelumnya dengan menambah riset tentang aspek keinovasian produk tertentu.

Solo Best Brand & Innovation (SBBI) 2020 digunakan untuk mengukur kekuatan merek di Kota Solo dan sekitarnya. Tahun ini, SBBI Award 2020 mengusung tema The Power of Innovation. Hal ini berangkat dari keharusan perusahaan maupun individu melakukan inovasi agar menjadi yang terbaik di tengah kompetisi pasar.

Riset rutin yang diadakan tiap tahun ini dilakukan dengan basis pada kekuatan merek (brand equity). Hasil riset ini bisa menjadi potret bagi para pemegang merek untuk melihat posisi mereka di tengah kompetisi yang makin ketat sekaligus menjadi barometer dalam mempertahankan performa merek mereka.

Bagi konsumen di Soloraya, hasil riset ini juga bisa menjadi referensi saat akan menggunakan merek-merek tertentu. Merek terbaik adalah merek yang memiliki kesan paling bagus di mata konsumen.

Ada yang Berubah

Pada tahun-tahun sebelumnya, penganugerahaan SBBI sebagai wujud apresiasi kami terhadap para pemegang merek dan konsumen selalu kami kemas dalam sebuah acara seremonial.

Namun merebaknya wabah Covid-19 di seluruh dunia membuat kami mengubah format acara tanpa seremonial sesuai dengan arahan pemerintah. Perubahan format ini juga merupakan wujud tanggung jawab kami untuk tetap memberi rasa aman dan nyaman bagi seluruh produsen pemegang merek dan juga konsumen di Soloraya.

Pengumuman pemenang SBBI Award 2020 akan kami hadirkan di seluruh platform media Solopos Group, baik melalui media cetak, digital, radio, video, maupun media sosial.

Optimalisasi seluruh media ini kami kemas sedemikian rupa untuk menjaga nilai prestisius dari SBBI yang tahun ini sudah menginjak penyelenggaraan untuk kali ke-21. Semua ini kami hadirkan sebagai wujud penghargaan tertinggi Solopos terhadap para pemegang merek, konsumen, dan masyarakat di Soloraya.

TUJUAN

SBBI Award 2020 diharapkan dapat bermanfaat bagi pihak-pihak yang terkait dengan tema penelitian, di antaranya :

KATEGORI

SBBI Award 2020 dibagi menjadi 4 kategori, yaitu:

  1. Best Brand
  2. Prestigious Brand
  3. Innovation Brand
  4. Potential Brand

dan Penghargaan Khusus, yaitu

  1. Inovasi Bidang Otomotif
  2. Inovasi Bidang Produk Ramah Lingkungan