Kilas Balik

  • Kilas Balik

SBBI lahir dari kepedulian Harian Umum Solopos terhadap belum adanya survei merek terbaik di kawasan Solo dan sekitarnya. Setiap tahun ada survei yang menilai merek terbaik secara Nasional, namun tidak ada yang menilai secara khusus pasar Soloraya.

Padahal, kawasan Soloraya telah berkembang pesat dan memiliki karakter yang besar kemungkinan berbeda dengan Nasional.

SBBI berawal pada 2000. Saat itu, survei merek terbaik ini masih menyandang nama Solo Customer Satisfaction Index (SCSI). SCSI berjalan selama enam tahun, 2000-2006.

SCSI mengukur kepuasan konsumen terhadap merek yang mereka gunakan. Pada tahun ke tujuh, yakni 2007, SCSI berubah menjadi SBBI.

Perubahan ini karena penyempurnaan variabel penilaian. Jika SCSI hanya mengukur empat variabel, yaitu brand awareness, market share, kepuasan konsumen, dan loyalitas konsumen, SBBI tampil lebih lengkap.

SBBI 2007 makin kaya dengan adanya penambahan variabel pularitas iklan (ad awareness) dan potensi merek untuk mengakuisisi konsumen di masa depan (gain index).

Seiring waktu, panitia SBBI terus menyempurnakan survei dengan memperkaya variabel penilaian.

Tidak hanya berkutat pada Merek Terbaik (Best Brand), kemudian lahirlah Prestigious Brand (merek paling bergengsi) sejak beberapa tahun lalu mengingat pentingnya gengsi bagi masyarakat era terkini.

Panitia juga memperluas survei ke Jogja dengan mengadakan survei khusus area Jogja, yakni Jogja Best Brand Index (JBBI). Demi kian memotret kinerja merek di Soloraya, panitia melengkapi survei dengan Best Online Review pada SBBI 2019. Hal ini juga seiring tren masyarakat mencari informasi tentang merek di media online.

SBBI Award 2020

Tahun ini, SBBI kembali menggelar riset dan survei merek terbaik di kawasan Soloraya. Perkembangan teknologi dan metode pemasaran, mendorong panitia untuk kembali memperkaya variabel penilaian. SBBI Award 2020 adalah metamorfosis dari Solo Best Brand Index-Jogja Best Brand Index (SBBI-JBBI).

Hal ini seiring cepatnya perkembangan bisnis di Era 4.0, yang menuntut perusahaan maupun individu melakukan inovasi. Inovasi menjadi hal wajib bagi perusahaan maupun individu agar tetap bertahan bahkan menjadi yang terbaik di tengah ketatnya kompetisi pasar.

Bukan hanya dalam hal produksi, tetapi juga inovasi dalam distribusi, pemasaran, promosi hingga pelayanan. Oleh karena itu, SSBI memberikan apresiasi kepada perusahaan maupun individu yang telah berinovasi sehingga mereka mampu merebut hati konsumen. Tahun ini pula, SBBI Award 2020 memberikan penghargaan dalam kategori Potential Brand dan Penghargaan Khusus untuk Inovasi Bidang Otomotif dan Bidang Produk Ramah Lingkungan.