SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/Sunaryo Haryo Bayu)

Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/Sunaryo Haryo Bayu)

SOLO—Sebanyak 136 merek bakal menerima penghargaan dalam ajang Solo Best Brand Index (SBBI) 2012 dan Jogja Best Brand Index (JBBI) 2012, Kamis (21/6/2012) malam ini.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Jumlah itu terdiri dari 67 merek terbaik di wilayah Soloraya, 66 merek terbaik di Jogja, dan tiga merek yang mendapatkan penghargaan khusus. Sesuai rencana, penghargaan akan diumumkan pada acara Malam Penganugerahan SBBI-JBBI 2012 di Rich Hotel Jogja, di Jl Magelang Km 6 Jogja, Kamis (21/6).

Ketua SBBI-JBBI 2012, Franky Simon, mengatakan agenda pengumuman dan penyerahan sertifikat sebagai merek terbaik di Jogja, Kamis malam, adalah puncak dari rangkaian kegiatan survei yang telah berjalan sejak pertengahan Februari.

Franky menjelaskan, untuk mendapatkan merek pemenang, tim survei SBBI-JBBI dari Optima Solusi (Opsi) Indonesia bergerak ke lapangan untuk melakukan survei dengan responden acak pada pertengahan Februari-pertengahan April. Lebih dari 1.000 responden di Solo dan Jogja memberikan pendapat mereka mengenai 19-20 variabel penilaian yang dijadikan dasar menentukan pemenang.

“Setelah survei dua bulan, dan analisis data, kami sudah mendapatkan pemenangnya. Hasil survei berupa Merek terbaik berdasarkan survei SBBI-JBBI kami pastikan bisa dipercaya karena ditangani lembaga survei independen, Opsi Indonesia,” kata Franky, saat dihubungi Solopos.com, Rabu (20/6).

Penilaian survei SBBI-JBBI 2012 dibagi dalam lima kategori, yakni kategori personal yang menyangkut produk yang bisa dipilih secara personal, meliputi personal 1, personal 2 dan personal 3, dan kategori rumah tangga yang terdiri dari rumah tangga 1 dan rumah tangga 2. Untuk kategori rumah tangga, interviewer harus memastikan responden adalah pihak yang bisa mengambil keputusan dalam rumah tangga.

Franky berharap acara yang telah dipersiapkan panitia dapat berjalan lancar dan memberi masukan pada para pelaku usaha dalam menentukan strategi pasar. Menurut dia, dalam buku hasil survei SBBI-JBBI 2012, tercantum secara detail nilai merek untuk setiap variabel penilaian.

Acara Malam Penganugerahan SBBI-JBBI 2012 sendiri dipersiapan penuh kejutan. Panitia bakal menyuguhkan kisah cinta Rama-Shinta yang jalan ceritanya mirip dengan perjuangan sebuah merek untuk mendapatkan tempat di hati konsumen. Acara akan dipandu MC kocak, Benjo dan Pangsit. “Untuk memeriahkan acara, seniman yang sudah dikenal meluas, Sruti Respati dan Endah Laras, juga akan unjuk kebolehan. Kami pastikan acara besok akan penuh kejutan,” ujar Franky.

Sementara itu, bagi masyarakat yang ingin melihat jalannya acara dapat menyimak di www.solopos.com dan www.harianjogja.com. Di website tersebut, masyarakat yang penasaran dengan hasil survei SBBI-JBBI 2012 juga bisa menyimak pengumuman pemenang di website tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya