SOLOPOS.COM - SBBI-JBBI (JIBI/Solopos)

SBBI-JBBI 2016 akan diumumkan Mei mendatang.

Solopos.com, SOLO — PT Aksara Solopos dan PT Aksara Dinamika Jogja kembali menghadirkan Solo Best Brand Index dan Jogja Best Brand Index (SBBI-JBBI).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Manager Penelitian Pengembangan dan Pusat Dokumentasi (Litbang dan Pusdok) Solopos, Sholahuddin, menyampaikan merek mampu menjadi indikator nilai yang ditawarkan, kualitas, dan menjadi pemebeda dengan produk kompetitor.

Ekspedisi Mudik 2024

Menurut dia, tingkat kekuatan merek (brand equity) menjadi indikator yang menentukan apakah produk bisa diterima pasar. Pengukuran kekuatan merek secara berkelanjutan menjadi sangat penting untuk melihat dinamika pasar.

Oleh karena itu, SBBI-JBBI kembali hadir untuk kali ke-16 pada tahun ini karena pasar yang terus berubah. Acara tahunan ini selalu menghadirkan merek yang paling kuat menurut konsumen yang ada di Solo dan Jogja.

“Pada tahun ini kami meneliti 70 kategori produk dengan 57 kategori produk yang ada di Solo dan 13 kategori produk yang ada di Jogja,” ungkap Sholahuddin, Senin (22/2/2016).

Diakuinya ada perbedaan jumlah merek yang dinilai, khususnya di Jogja. Namun kategori yang disurvei pada ajang SBBI-JBBI 2016 tetap sama dengan tahun sebelumnya, yakni 10 kategori.

Kategori tersebut diantaranya makanan-minuman, rokok, obat, tempat perbelanjaan, jasa keuangan, produk IT, elektronik, otomotif, rumah tangga, dan produk/penyedia layanan khusus.

Dia menjelaskan bermacam indikator digunakan untuk menggambarkan kondisi pasar yang sebenarnya. Hal ini karena hasil riset best brand dijadikan panduan bagi pemegang merek untuk memetakan pasar di Solo dan Jogja mengingat kedua kota tersebut menempati posisi strategis bagi pasar maupun pelaku usaha.

Sholahuddin menyampaikan survei SBBI-JBBI kali ini dipercayakan kepada lembaga riset pemasaran Solo Research (Marketing Research Service). Hasil riset akan diumumkan pada acara penganugerahan pemenang SBBI-JBBI 2016 pada 19 Mei mendatang.

“Saat ini survei sudah dilakukan hingga tahap analisis data dan beberapa kategori sudah ada pemenangnya. Namun pemenang ini akan diumumkan Mei saat penganugerahan pemenang,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya