SOLOPOS.COM - Logo SBBI-JBBI

Solopos.com, SOLO– Hari ini merupakan pembuktian bagi merek-merek yang ada di Solo dan Jogja. Sebanyak 134 merek pilihan masyarakat Solo dan Jogja akan menerima penghargaan Solo Best Brand Index dan Jogja Best Brand Index (SBBI-JBBI) 2014.

Penganugerahan SBBI-JBBI 2014 bakal digelar di Puri Kencana Ballroom Lorin Solo Hotel, Rabu (16/4/2014). Gelaran acara terebut akan menjawab pertanyaan pasar Solo dan Jogja terkait merek terbaik dan terpopuler di mata konsumen. Pemenang tersebut berasal dari 10 kategori, yakni makanan-minuman, rokok, obat, tempat perbelanjaan, jasa keuangan, produk IT, elektronik, otomotif, rumah tangga, dan produk/penyedia layanan khusus.

Promosi Jelang Lebaran, BRI Imbau Nasabah Tetap Waspada Modus Penipuan Online

Dari 10 kategori tersebut terdapat 66 turunan subkategori yang disruvei di masing-masing kota. Oleh karena itu, akan ada 132 pemenang best brand untuk Solo dan Jogja. Selain itu, ada pula dua penghargaan khusus, yakni potential brand dan satisfaction brand sehingga penghargaan tersebut diberikan kepada 134 merek.

Ketua Panitia SBBI-JBBI 2014, Tri Wahyudi, menyampaikan survei brand tersebut dilakukan bekerja sama dengan PT Optima Solusi Indonesia (Opsi) dan Universitas Sebelas Maret (UNS). Menurut dia, ada satu merek yang di survei di Jogja tapi tidak di survei di Solo dan sebaliknya, yakni mal (Solo) dan perguruan tinggi swasta (Jogja). Survei tersebut juga dilakukan kepada 2107.

“Banyaknya merek yang disurvei tidak menutup kemungkinan ada produsen yang mendapat penghargaan lebih dari satu. Hal ini karena produsen tersebut melakukan diversifikasi produk dan bermain di beberapa segmen produk,” ungkap Tri kepada Espos, Selasa (15/4).

Dia menyampaikan survei SBBI-JBBI mampu memaparkan secara jelas analisis pasar yang ada saat ini. Oleh karena itu, hasil tersebut survei bisa digunakan pemegang merek untuk menyususn strategi penguatan posisi di pasar. Tri menjelaskan ada delapan kriteria yang menjadi penilaian best brand, yakni brand awareness, brand perceive quality, brand association, satisfaction & loyalty, innovation, green product, market oriented dan other propierty asset.

Penghargaan yang digelar oleh PT Aksara Solopos dan PT Aksara Dinamika ini dikemas dalam bentuk yang berbeda dari biasanya. Apabila biasanya puncak penganugerahan diisi dengan hiburan, penyerahan penghargaan kali ini dikemas dengan acara seminar yang diisi oleh motivator ternama, Tung Dasem Waringin.

Koordinator Acara Penyerahan Penghargaan SBBI JBBI 2014, Dewi Lestari, menuturkan format acara kali ini dibuat berbeda karena ingin memberikan motivasi kepada pemenang untuk memaksimalkan performance merek. Meski begitu, menurut Dewi tetap menghadirkan hiburan yang diisi Arkustik Band, tarian kontemporer oleh Retno Tan dan fashion show koleksi Rory Wardhana.

Dalam acara bertema Optimisme Konsumen dalam Tahun Politik juga akan memaparkan hasil penelitian terkait optimisme pasar menghadapi tahun politik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya