SBBI 2020: Innovation Brand Jadi Pembeda

Jaringan media Solopos Group pada 2020 kembali memberi penghargaan Solo Best Brand and Innovation atau SBBI.

  • SBBI 2020: Innovation Brand Jadi Pembeda

    Ilustrasi SBBI 2020.

Solopos.com, SOLO -- Jaringan media Solopos Group pada 2020 kembali memberi penghargaan Solo Best Brand and Innovation atau SBBI kepada merek-merek terbaik yang beredar di Solo dan sekitarnya berdasarkan perspektif konsumen.

Secara total Solopos akan memberikan penghargaan kepada 81 pihak, baik kepada merek produk, individu maupun perusahaan. Dari 81 pihak tersebut masing-masing penghargaan merek terbaik (Best Brand) sebanyak 66 merek. Ditambah, Prestigious Brand atau merek bergengsi (5 merek) dan Innovation Brand atau merek Inovasi (3 merek).

Koordinator Divisi Riset SBBI 2020, Sholahuddin, mengatakan seperti pada tahun-tahun sebelumnya, Solopos terus memperkaya jenis penghargaan kepada para pemegang merek sebagai upaya untuk menyesuaikan diri terhadap dinamika dunia bisnis.

Update Corona Dunia: 2,4 Juta Orang Positif, Indonesia Tertinggi di ASEAN

Innovation Brand

Selain penghargaan kepada merek-merek terbaik dan merek bergengsi, tahun ini Solopos memberikan penghargaan kepada merek-merek yang terus berinovasi (innovation brand).

"Penambahan penghargaan inovasi merek ini dilakukan sebagai bentuk apresiasi Solopos kepada merek-merek yang kreatif dengan memberikan nilai tambah bagi produk atau merek untuk memberikan yang terbaik kepada konsumen," ujarnya, kepada Solopos.com, Sabtu (18/4/2020).

Sholahuddin menjelaskan penghargaan ini diberikan karena inovasi menjadi aspek penting agar produk atau merek bisa bertahan dan diterima konsumen di tengah perubahan lingkungan bisnis yang cepat ini.

Menurutnya, fakta menunjukkan banyak merek yang pernah menguasai pasar, tapi akhirnya hilang karena kalah bersaing dengan merek-merek baru yang inovatif. Dalam dunia bisnis yang penuh kompetisi, hanya merek atau produk inovatif yang akan bertahan, dan diterima di hati konsumen.

Wisata Petik Kelengkeng di Sragen Ditutup, Petani Pilih Jual Online

Beberapa kriteria untuk mengukur inovasi merek tersebut, antara lain keunggulan relatif sebuah merek dibanding merek lainnya dan simpel dalam pengunaan atau tidak rumit.

Selain itu, respon cepat merek atau produk untuk menambah fungsi sesuai tuntutan konsumen, serta ketertarikan konsumen mengadopsi teknologi baru yang ditawarkan merek atau produk.

Maka dari itu, Solopos Group pun mengubah kepanjangan nama penghargaan SBBI dari Solo Best Brand Indeks menjadi Solo Best Brand and Innovation. Penghargaan SBBI 2020 diumumkan pada 17 Juni 2020 mendatang.

Merek Potensial

Selain memberikan penghargaan kepada merek paling tinggi indeksnya, Solopos juga mengapresiasi award khusus berupa potential brand (merek potensial) kepada empat merek yang berada di posisi kedua.

Menjaga Tubuh Bugar saat di Rumah Saja, Begini Saran dari WHO

Merek-merek ini diganjar penghargaan karena mereka berpeluang besar untuk menjadi pemenang pada riset SBBI tahun mendatang.

Apalagi banyak di antara mereka selisih indeks antara nomor satu dan nmor dua sangat tipis. Artinya, kedua merek tersebut bersaing secara ketat. Sebagian merupakan merek baru, namun bisa mengalahkan merek-merek yang lebih dulu hadir di Kota Solo dan sekitarnya.

"Penentuan merek-merek untuk menerima penghargaan tersebut berdasarkan riset pasar yang dilakukan oleh lembaga riset, Solo Research pada 21 Desember 2019 hingga 10 Febuari 2020. Riset pasar ini melibatkan 14.103 sampel yang tinggal di Solo dan daerah sekitarnya, seperti Colomadu, Kartasura, Solobaru, dan Palur. Riset pasar ini dilakukan Solopos Group rutin setiap tahun selama 20 tahun terakhir," imbuhnya.

Ini yang Terjadi pada Uang Anda saat Melakukan Transfer Antar Bank

Selain berbasis riset, Solopos Group juga memberikan penghargaan khusus lainnya. Penghargaan diberikan kepada 2 individu dan 1 korporasi yang dinilai layak menerima award karena peran luar biasa di bidang masing-masing. Penghargaan ini disusun berdasarkan kriteria-kriteria tertentu dari pihak Solopos.

"Selain itu, penghargaan khusus ini akan juga akan diumumkan berbarengan dengan penghargaan SBBI 2020," jelasnya.

Info Lainnya