SBBI 2020 Beri Penghargaan Merek Bergengsi untuk 5 Kategori, Mal Sampai Rumah Sakit

Penyelenggara Solo Best Brand and Innovation (SBBI) Award 2020 kembali memberi penghargaan kepada lima kategori merek paling bergengsi di Soloraya.

  • SBBI 2020 Beri Penghargaan Merek Bergengsi untuk 5 Kategori, Mal Sampai Rumah Sakit

Solopos.com, SOLO -- Penyelenggara Solo Best Brand and Innovation (SBBI) Award 2020 kembali memberi penghargaan kepada merek paling bergengsi (prestigious brand) di Soloraya. Survei untuk mencari merek paling bergengsi ini dilakukan terhadap lima kategori produk.

Lima kategori tersebut antara lain kategori mal paling bergengsi, supermarket, rumah sakit swasta, hotel berbintang, dan department store paling bergengsi.

Koordinator Divisi Riset SBBI 2020, Sholahuddin, mengatakan jaringan media informasi Solopos Group selaku inisiator SBBI 2020 berpandangan faktor gengsi makin penting dalam pemasaran di era kekinian.

Solopos Hari Ini: Pukulan Kedua Saat Pandemi

“Orang menjadi konsumen sebuah produk tidak semata-mata karena fungsi dari produk tersebut, tapi ada yang tak kalah penting apakah produk tersebut punya nilai prestise bagi dirinya atau tidak,” kata dia kepada Solopos.com, Rabu (13/5/2020).

Merek bernilai prestise berarti merek tersebut terkait dengan status sosial seseorang, atau merek yang bisa menaikkan status diri di kelompok atau lingkungan sosial.

Orang yang menggunakan merek yang dipersepsikan sebagai merek bergengsi akan merasa dirinya lebih bermakna di mata orang lain.

Terjaring Razia Balap Liar, Anggota DPRD Kota Madiun dari PDIP Langgar Kode Etik Partai

Merek yang dinilai bisa menaikkan status sosial seseorang biasanya terkait gaya hidup. Sekarang ini masyarakat makin gandrung pada aktivitas leisure atau memanfaatkan waktu luang untuk hal-hal yang menyenangkan diri.

Keberadaan media sosial juga menguatkan pentingnya penilaian terhadap merek paling bergengsi bagi pemegang merek maupun konsumen. Saat orang menikmati produk bernilai gaya hidup, mereka cenderung berbagi ke media sosial untuk mendapatkan pengakuan dari orang lain.

Aspek Penting Pemasaran

Menurut Sholahuddin, dalam beberapa tahun terakhir faktor gaya hidup menjadi aspek penting dalam pemasaran.

Hampir 2 Bulan Tak Ada Kasus Baru Covid-19 di Thailand

Merek paling bergengsi berpengaruh terhadap persepsi kualitas produk. Selain itu, merek paling bergengsi berpengaruh terhadap niat beli konsumen dan kesetiaan pada merek.

“Yang perlu dicatat, tidak semua merek mampu memosisikan diri sebagai merek bergengsi di mata konsumen. Diperlukan strategi dan perjuangan yang tidak mudah bagi para pemegang merek agar mereknya menjadi idola konsumen. Sebuah merek yang dipersepsikan sebagai merek bergengsi oleh konsumen, lebih mudah untuk meningkatkan kinerjanya,” imbuh dia.

Pembagian Bansos JPS Covid-19 Solo, Rudy: Warga Pilih Salah Satu, BST Atau Paket Sembako!

Beberapa variabel untuk mengukur merek paling bergengsi SBBI adalah perceived conspicious value atau variabel untuk mengukur kesadaran akan merek mewah, perceived unique value (mengukur tingkat keunikan produk dari merek bergengsi), dan perceived social value (mengukur merek bergengsi terhadap lingkungan sosial).

Selain itu, perceived emotional value (mengukur tingkat emosional konsumen saat menggunakan merek bergengsi) serta perceived quality value (mengukur tingkat kualitas merek bergengsi).

Pengumuman para pemenang merek paling bergengsi SBBI 2020 direncanakan pada 17 Juni 2020, bersamaan dengan penghargaan merek terbaik, merek inovatif, merek potensial, serta penghargaan khusus lainnya.

Info Lainnya