SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO – Selama ini banyak orang beranggapan sayuran rebus lebih sehat dibanding yang ditumis. Namun, kenyataannya anggapan itu tidak selalu benar. Hasil penelitian terbaru menyebut sayuran yang ditumis dengan minyak zaitun jauh lebih sehat dibandingkan yang direbus.

Penelitian tersebut dilakukan tim dari University of Granada, Spanyol, dan dipublikasikan di jurnal Food Chemistry. Mengutip Medical Daily, Senin (11/3/2019), minyak zaitun mampu meningkatkan fenol pada sayuran. Fenol adalah bahan kimia yang bekerja melindungi sel tubuh dan menurunkan risiko diabetes hingga kanker.

Promosi Keren! BRI Raih Enam Penghargaan di PR Indonesia Awards 2024

Penelitian dilakukan dengan cara menumis dan merebus kentang, labu, tomat, serta terong. Peneliti membandingkan nutrisi pada sayuran masak dan yang masih mentah. Hasilnya, sayuran yang ditumis dengan minyak zaitun paling tinggi kandungan fenolnya.

Minyak zaitun mampu menyalurkan panas dengan baik pada bahan makanan. Jadi, minyak zaitun meningkatkan senyawa fenol pada sayuran. Minyak zaitun murni terbukti meningkatkan jumlah fenol dalam sayuran saat ditumis. Sementara mengolah sayuran dengan cara direbus tidak memengaruhi peningkatan kandungan fenol.

Meski demikian, bukan berarti semua sayuran yang ditumis pasti lebih sehat ketimbang direbus. Ada beberapa jenis sayuran yang tidak terlalu cocok ditumis karena menyerap minyak berlebihan. Jadi, Anda harus memperhatikan betul jenis sayuran tersebut sebelum mengolahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya