SOLOPOS.COM - Sayfullo Saipov. (JIBI/Reuters)

Saipov memilih momen peringatan Halloween untuk melakukan serangan karena dia percaya orang akan lebih ramai di jalan.

Solopos.com, NEW YORK – Tersangka penyerang pejalan kaki di New York City, Amerika Serikat, Selasa (31/10/2017) waktu setempat, mengaku terinspirasi dari video ISIS.  Tersangka mengaku telah merencanakan serangan yang mengakibatkan delapan orang tewas itu sejak setahun lalu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hal itu terungkap dalam pengakuannya di depan para penyidik dan telah dijadikan sebagai dokumen dakwaan di pengadilan kemarin waktu setempat sebagaimana dikutip Reuters, Kamis (2/10/2017).

Ekspedisi Mudik 2024

Pelaku serangan Sayfullo Saipov, 29 masih dirawat di rumah sakit setelah ditembak polisi sebelum ditahan. Dia mengaku telah mengeksekusi para korban dengan menggunakan truk rental pada 22 Oktober lalu dan menyatakan tidak menyesal dengan apa yang telah dia lakukan.

Sayfullo Saipov. (JIBI/Reuters)

Sayfullo Saipov. (JIBI/Reuters)

Dokumen dakwaan sebanyak 10 halaman itu menyebutkan Saipov tidak akan menggunakan haknya untuk menyanggah dakwaan dan tidak mau didampingi pengacara tempat tidurnya di rumah sakit Bellevue Hospital Center, Manhattan.

Dalam pemeriksaan, disebutkan bahwa Saipov memilih momen peringatan Halloween untuk melakukan serangan karena dia percaya orang akan lebih ramai di jalan. Dia juga mengaku pada awalnya mau menyerang Brooklyn Bridge sekalian dengan pejalan kaki di wilayah barat Lower Manhattan.

Saipov disebutkan meminta supaya bendera ISIS dipajang di ruang rumah sakit tempat dia dirawat. Menurutnya, dia terinspirasi dari video pidato pimpinan ISIS, Abu Bakr al-Baghdadi yang meminta warga AS untuk mendukung gerakan milisi bersenjata tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya