Pengibaran bendera China sebagai tanda negara penyelenggara Asian Games 2022 pada Closing Ceremony Asian Games 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu (2/9/2018). (Antara - INASGOC/Irwin Fedriansyah)

Solopos.com, BEIJING – Sayembara merancang maskot Asian Games 2022 di Hangzhou, China, dibuka. Pemenang sayembara akan diberi hadiah 120.000 RMB (Rp246 juta). Sayembara ini dibuka untuk masyarakat umum dari seluruh dunia.

"Peserta dari seluruh dunia kami persilakan berpartisipasi dalam merancang maskot," demikian pernyataan tertulis panitia Asian Games 2022 Hangzhou, Selasa (25/6/2019).

Pihaknya sangat berharap para kreator dari seluruh dunia bisa memberikan kontribusi guna meningkatkan citra ajang pesta olahraga terbesar di benua Asia itu.

"Maskot itu sangat penting dalam membentuk citra positif sehingga dapat menarik minat masyarakat luas," demikian pernyataan tersebut.

Panitia mempersyaratkan maskot tersebut nantinya bisa memadukan semangat menuju Olimpiade dan nilai-nilai budaya masyarakat China.

Sebagai kota penyelenggara Asian Games, maskot tersebut juga harus bisa mencerminkan unsur sejarah, keramahan, inovasi, dan dinamika masyarakat Ibu Kota Provinsi Zhejiang itu.

Maskot juga harus mencerminkan humanisme masyarakat Asia guna mendapatkan pengakuan universal dan menumbuhkan kecintaan masyarakat dari berbagai latar belakang yang berbeda.

Rancangan maskot harus bisa diterima oleh panitia paling lambat tanggal 15 Juli 2019 untuk kemudian diseleksi oleh dewan juri.

Pengumuman pemenang akan disampaikan pada akhir tahun 2019 dan panitia akan memberikan hadiah langsung berupa uang tunai senilai Rp246 juta kepada pemenang.

Informasi lebih lanjut mengenai sayembara tersebut bisa dibuka di laman: www.hangzhou2022.cn.

Asian Games ke-19 digelar di Hangzhou pada 10-25 September 2022. Pada tahun yang sama juga digelar Olimpiade Musim Dingin di Beijing.

Tulis Komentar Anda

Berita Terkait

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten