SOLOPOS.COM - Puding ultah di stana Puding Surya (Kurniawan/JIBI/SOLOPOS)

Puding unik untuk acara wedding di Miss Little Pudding Solo (Istimewa)

Puding, menu ini lazim dikenal sebagai hidangan penutup (desert) dalam sebuah perjamuan makan. Kelembutan dan rasa manisnya sangat pas disantap seusai menikmati menu makan utama. Namun belakangan puding terus berkembang, tidak sekadar menjadi hidangan penutup.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menu ini dijual sebagai camilan atau snack secara terpisah dari hidangan lain. Pasar pun merespons positif ekspansi puding di dunia kuliner. Puding semakin diburu karena gurih dan manisnya yang cocok sebagai hidangan ringan acara rapat atau bingkisan spesial.

Seperti disampaikan owner Miss Little Pudding di Jl Pattimura 2A Danukusuman, Serengan, Solo, Christina Salim, saat ditemui Solopos.com, Rabu (24/4/2013). Perempuan asal Surabaya itu mengungkapkan, banyak pelanggan tokonya yang membeli puding sebagai oleh-oleh.

Baik untuk snack harian maupun untuk merayakan sebuah momen istimewa seperti ulang tahun anak. Rasa manis dan lembut puding menjadi jaminan anak menyukai menu tersebut.  “Di samping menjadi menu penutup, puding banyak dicari sebagai bingkisan untuk anak,” katanya.

Varian cup pudding Miss Little Pudding Solo. (Istimewa)

Apalagi, dia menjelaskan, puding bisa disuguhkan dengan beragam kreasi bentuk, warna dan rasa. Sifat puding yang terbuka terhadap sentuhan kreativitas melahirkan banyak ragam menu ini. Mulai dari sentuhan aneka rasa buah, cokelat, vanila, hingga daun teh.

Dalam perkembangannya, bentuk puding pun menjadi bermacam-macam seperti bentuk hati, kue tart bersusun hingga cup. Untuk konsumsi sehari-hari, konsumen bisa memilih puding cup berukuran mini dengan taburan mocca, oreo atau pasta cokelat.

“Puding cup mini merupakan salah satu model penyajian produk kami. Tapi kami juga layani pemesanan puding tart untuk perayaan ultah dan sejenisnya” imbuh Christina.

Harga satu cup mini puding rasa buah di Miss Little Pudding Solo dipatok di angka Rp5.500.

Puding ultah di stana Puding Surya (Kurniawan/JIBI/SOLOPOS)

Penjelasan serupa disampaikan pemilik Istana Puding Surya yang beralamat di Badran, Laweyan, Anthony Christianto. Di toko ini bisa dipesan beraneka jenis puding, mulai dari ragam rasa, bentuk dan peruntukan. Sang pemilik toko sudah berpengalaman membuat aneka jenis puding lantaran sudah beroperasi lebih dari 30 tahun.

Salah satu puding andalan di toko ini yakni puding matahari, puding kombinasi, puding kombinasi bulat, puding koktail hingga puding ala rainbow cake. Puding koktail terdiri enam lapis warna yang masing-masing mempunyai cita rasa tersendiri.

Satu puding koktail ukuran besar dibanderol di angka Rp70.000. Untuk puding matahari disebut begitu karena bentuk dan warnanya yang menyerupai matahari terbit di pagi hari. Harga puding matahari dengan sentuhan kelapa muda di lapisan atas sekitar Rp60.000.

Sedangkan untuk puding spesial ulang tahun bisa dipesan sesuai selera konsumen. Harganya bervariasi mulai Rp43.000 hingga Rp210.000 per puding, sesuai ukuran.  “Untuk puding spesial momen harus dipesan dulu dua hari sebelum hari H. Kami bisa wujudkan beragam desain bentuk dan cita rasa sesuai permintaan,” terang Anthony.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya