SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta (Solopos.com)--Sawo merupakan buah yang sangat enak. Bisa dimakan segar atau dijadikan minuman. Rasanya yang manis legit dan aromanya wangi membuat buah ini banyak digemari orang. Ternyata si legit ini juga sangat berkhasiat lho!

Buah yang memiliki nama asing Achras sapota L atau sapodilla, chikoo, atau sapota dalam bahasa Ingris ini memang sudah dikenal masyarakat Indonesia. Sedangkan di Filipina dikenal sebagai tsiko, dan di Malaysia ciku dan biasa disebut hong xiem oleh masyarakat Tionghoa.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sawo berasal dari Amerika Tengah dan Meksiko. Buah ini umumnya dibudidayakan sebagai tanaman pekarangan untuk dinikmati buahnya. Sawo memiliki biji berwarna hitam berkilat atau coklat kehitaman, berbentuk pipih dan besar, dan juga memiliki aroma yang harum serta rasanya yang legit.

Buah yang digemari karena rasanya yang manis ini ternyata disebabkan karena kandungan fruktosa dan sukrosa yang kadarnya mencapai 16 – 20%. Juga memiliki kandungan protein, vitamin A, B, C, mineral zat besi, kalium serta fosfor dan lemak.

Dalam 100gr buah sawo memiliki kandungan 193mg mineral dan kalium serta memiliki kadar kalium yang rendah, sekitar 12mg/ 100gr. Dari semua nutrisi yang terkandung pada sawo membuat buah ini sangat baik untuk memelihara kesehatan jantung dan juga pembuluh darah.

Selain itu, sawo juga mengandung sejumlah mineral penting untuk tubuh. Dalam 100 gram buah sawo terdapat 21 mg kalsium, 12 mg magnesium, 12 mg fosfor, 0,6 mg selenium, 0,1 zinc dan 0,09mg tembaga.

Makan 100 gram sawo setiap hari secara teratur bisa memenuhi 24,5% kebutuhan tubuh akan vitamin C yang bereaksi dengan berbagai mineral di dalam tubuh. Sebab, vitamin C berperan penting dalam metabolisme tembaga, meningkatkan penyerapan zat besi yang berfungsi sebagai antioksidan.

Kandungan serat di dalam sawo juga cukup tinggi sehingga sangat baik untuk mengatasi gangguan pencernaan seperti sembelit dan diare. Kandungan gula alami pada sawo mampu memulihkan energi secara cepat. Sawo juga bisa mengurangi resiko kanker pencernaan, karena buah ini punya kemampuan mengikat karsinogen di dalam saluran pencernaan.

Sawo dibudidayakan untuk diambil buahnya. Namun sebenarnya tanaman ini memiliki potensi beragam. Daun, batang, hingga akar bermanfaat baik untuk keperluan lain maupun bagi kesehatan.

(detik.com/tiw)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya