Savana Dieng, Padang Rumput Khas Afrika dengan Kearifan Lokal

ikenal dengan nama Padang Savana Dieng, kawasan ini merupakan tempat perkemahan yang ada di pendakian Gunung Pangonan, Desa Karangsari, Kelurahan Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara.

 Padang Savana Dieng (Instagram/@dieng_padangsavana)

SOLOPOS.COM - Padang Savana Dieng (Instagram/@dieng_padangsavana)

Solopos.com, BANJARNEGARA — Savana atau Sabana adalah padang rumput yang dipenuhi semak atau tumbuhan perdu yang luas. Sistem biotik ini biasanya terbentuk di antara daerah tropis dan subtropis, seperti di Afrika, Amerika Selatan, dan Australia. Namun, ternyata di Dataran Tinggi Dieng pun ada savana luas yang menyuguhkan pemandangan indah.

Dilansir dari kanal Youtube, Rabu (19/1/2022), Padang Savana Dieng merupakan tempat perkemahan di pendakian Gunung Pangonan, Desa Karangsari, Kelurahan Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

PromosiJogja Darurat Sampah, Jawa Tengah Penyumbang Sampah Tertinggi Nasional

Baca juga: Goa Semar, Pertapaan Pejabat Indonesia

Untuk bisa mencapai daerah sabana, pengunjung harus memiliki stamina kuat. Sebab padang rumput Anda harus melalui jalur pendakian dengan medan yang cukup menanjak. Udara yang dingin dan medan jalan yang masih alami membuat jalur akses padang savana ini cukup menantang, khususnya bagi para wisatawan yang tidak biasa mendaki.

Jarak tempuh dari area parkir menuju padang savana kira-kira menghabiskan waktu sekitar 30 menit. Namun pengujung tidak perlu khawatir karena selama perjalanan melalui medan akses menuju Padang Savana Dieng akan ditemani dengan pemandangan Kawah Sikidang yang memukau dengan asap yang keluar dari kawah.

Selama perjalanan, pengunjung juga akan menemukan medan yang datar. Di medan itu, pengunjung bisa memanfaatkan waktu untuk beristirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan menuju Padang Savana. Jika sudah menemukan jalan yang curam, berarti sudah dekat dengan lokasi Padang Savana yang akan dituju.

Baca juga: Inilah Sosok Sabdo Palon, Peramal Ulung & Penguasa Tanah Jawa

Sesuai dengan definisi sabana yang disebutkan sebelumnya, Padang Savana Dieng ini merupakan lahan luas ditumbuhi rumput serta semak-semak dan juga dikelilingi oleh pohon-pohon yang tumbuh di sekitar sabana.

Aktivitas yang bisa dilakukan di padang rumput ini adalah berswafoto ria dengan latar padang rumput alami yang indah layaknya suasana safari di Afrika dan selain itu, pengunjung dapat mempelajari jenis-jenis rumput atau tumbuhan yang tumbuh di sepanjang Padang Savana Dieng.

Untuk mengakses Padang Savana Dieng ini, ada tiket masuk yang harus dibayar yaitu sebesar Rp10.000 per orang dan sudah termasuk biaya parkir kendaraan.

Sumber: Youtube.com

Berita Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Karimunjawa Diguncang Gempa M 3,6, BMKG: Getarannya Cukup Teras

Gempa bumi berkekuatan Magnitudo 3,6 mengguncang Kepulauan Karimunjawa di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah (Jateng) pada Selasa (17/5/2022) malam.

Binus Dirikan Kampus di Semarang, Ini Lokasinya

Bina Nusantara atau Binus mendirikan kampus di kawasan POJ City, Kota Semarang.

Waduh! Betonisasi Jalan di Semarang Diusik Preman, Ganjar Turun Tangan

Proyek betonisasi jalan Palir-Kaliancir di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), terkendala ulah preman yang meminta uang atau memalang pelaksana proyek.

Joss! Daerah Terdeteksi PMK di Jateng Dapat Bantuan

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah atau Pemprov Jateng siap memberikan bantuan kepada peternak di daerah yang terdeteksi wabah penyakit mulut dan kuku atau PMK.

Mitos Pantai Karangbolong Kebumen, Kental dengan Sosok Nyi Roro Kidul

Mitos atau kisah misteri di Pantai Karangbolong, Kebumen, sangat erat kaitannya dengan sosok Nyi Roro Kidul sebagai penguasa Pantai Selatan dan sarang burung walet yang ada di wilayah itu.

Simak Lur! Ini Alasan Naik ke Area Candi Borobudur Belum Diperbolehkan

GM TWC Borobudur, Aryono Hendro Malyanto, mengungkapkan alasan pengunjung atau wisatawan dilarang naik ke area Candi Borobudur.

Penerima Sudah Meninggal, Bansos Ditilap Pegawai Kecamatan Ngaringan

Terungkapnya aksi pegawai Kecamatan Ngaringan tersebut karena kecurigaan pendamping Program Keluarga Harapan (PKH).

Wisata ke Candi Borobudur, Pengunjung Keluhkan Ini

Sejumlah wisatawan atau pengunjung yang berkunjung ke Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jateng, mengaku kecewa, ini sebabnya!

Ini Lampu Bangjo Terlama di Kota Semarang, Netizen: Iso Nyambi Ghibah

Berikut lampu bangjo atau traffic light di Kota Semarang yang disebut-sebut menyalakan lampu merah terlama versi netizen.

Akhirnya! Undip Gelar Wisuda Secara Luring, Perdana Sejak Pandemi

Universitas Diponegoro (Undip) Semarang menggelar upacara wisuda secara luring atau dihadiri wisudawan untuk kali pertama sejak pandemi Covid-19.

Lima Polres di Jateng Diusulkan Naik Tipe C, Salah Satunya di Soloraya

Polda Jateng mengusulkan lima polres di wilayahnya untuk naik tipe dari tipe D menjadi tipe C, salah satunya ada di wilayah Soloraya.

Pemuda di Jepara Meninggal Dikeroyok, Kapolres: Bukan Tawuran Desa

Kapolres Jepara, AKBP Warsono, memastikan kematian pemuda asal Desa Muryolobo, Nalumsari, akibat pengeroyokan dan bukan tawuran antarwarga desa.

Warga Terdampak Reaktivasi Rel Tawang-Semarang Terima Santunan

Balai Teknik Perkeretaapian Jateng memberikan santunan kepada warga terdampak reaktiviasi rel Stasiun Semarang Tawang menuju Pelabuhan Tanjung Emas.

Gudeg Koyor Mbak Tum, Kuliner Legendaris di Semarang Langganan Pejabat

Warung kuliner legendaris di Kota Semarang salah satunya adalah Warung Gudeg Mbak Tum yang ada di Jalan MT Haryono.

Punya Kiai Terbanyak di Jateng, Pati Justru Terkenal Kota Paranormal

Memiliki jumlah kiai, ulama, ustaz, terbanyak di Jawa Tengah, Kabupaten Pati justru terkenal sebagai kota paranormal.

Horok! Kapal Bajak Laut Tiba-Tiba Muncul di Juwana Pati

Sejumlah replika kapal bajak laut dan kapal tempur hadir di acara sedekah laut di Juwana, Pati.