SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLO — Pengelola Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) berencana membuat zonasi satwa sebagai langkah merevitalisasi kawasan TSTJ.

Direktur Utama TSTJ Lilik Kristianto ketika dijumpai Solopos.com, Selasa (12/2/2013), mengatakan belum ada penataan satwa di TSTJ. Zonasi satwa baik satwa buas, unggas maupun reptile dan lain sebagainya belum tertata.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

“Kedepan kami akan buat zonasi satwa. Satwa tidak campur seperti ini,” katanya.

Lilik menerangkan sesuai rencana seluruh satwa koleksi TSTJ bakal dipusatkan menjadi satu di bagian belakang. Tidak ada lagi penempatan satwa di bagian depan. Selama ini, Lilik mengatakan pengunjung yang datang ke TSTJ bisa langsung menikmati suguhan satwa. Namun dalam rencana revitalisasi, satwa dipindah di bagian belakang. Sementara bagian depan akan diisi wahana permainan.
“Satwa dipindah ke belakang. Depan hanya untuk arena permainan saja,” kata Lilik.

Lilik mengatakan sejauh ini revitalisasi masih menunggu revisi Peraturan Daerah (Perda) tentang TSTJ dan Perda Penyertaan modal yang kini tengah dibahas di DPRD. Ditargetkan pembahasan perda rampung sebelum berakhirnya tahun anggaran ini. Dengan demikian revitalisasi TSTJ bisa dikerjakan pada tahun ini. Revitalisasi TSTJ diperkirakan menelan anggaran hingga Rp30 miliar lebih.

Diakuinya, ada dua investor yang serius menggarap TSTJ. Namun hanya satu investor yang baru menyerahkan formulir komitmennya untuk menggarap TSTJ.

“Kerjasama dengan investor ini yang masih menunggu payung hukum Perda itu rampung dulu,” katanya.

Lilik mengatakan agenda revitalisasi utama adalah merevitalisasi kandang satwa, poliklinik, tempat karantina, laboratorium maupun gudang pakan. Semuanya bakal dipindah di bagian belakang bersama dengan keberadaan satwa. Sementara itu bakal dibangun water park atau tempat rekreasi lainnya bagi anak. Penambahan wahana rekreasi ini untuk memberikan tambahan hiburan bagi pengunjung, terutama anak-anak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya