SOLOPOS.COM - Elang brontok yang ditemukan pingsan di Dusun Sentul, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Kendal, Jateng, Selasa (6/2/2018). (Instagram-@polres_kendal)

Satwa liar berupa elang brontok yang ditemukan warga Kendal kemudian diserahkan kepada BKSDA.

Semarangpos.com, KENDAL – Satwa liar berupa seekor elang brontok atau yang memiliki nama ilmiah nisaetus cirrhatus ditemukan Sukroniswanto, 35, warga Dusun Sentul, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah (Jateng), Selasa (6/2/2018), dalam keadaan pingsan. Sukroniswanto didampingi aparat Polsek Sukorejo kemudian meyerangkan satwa liar itu kepada Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kendal.

Promosi BRI Group Buka Pendaftaran Mudik Asyik Bersama BUMN 2024 untuk 6.441 Orang

Dikabarkan aparat Polres Kendal melalui media sosial Instagram, Rabu (7/2/2018), satwa liar itu ditemukan dalam keadaan pingsan setelah menabrak kabel listrik kala hendak memangsa burung lain. Sukroniswanto, yang menemukan elang brontok itu tak jauh dari rumahnya, kemudian sempat memberikan perawatan beberapa saat hingga si elang brontok kembali mampu membuka matanya.

Ekspedisi Mudik 2024

Dikutip dari laman resmi milik Polres Kendal, Sukroniswanto kemudian melapokan penemuan satwa liar itu ke Mapolsek Sukorejo. “Kemudian warga yang menemukan elang jawa [elang brontok] tersebut melaporkan kejadian itu ke Polsek Sukorejo dan langsung kami teruskan untuk diserahkan kepada petugas BKSDA Kendal,” ujar Kapolsek Sukorejo AKP Haryo Deko Dewo.

Petugas dari BKSDA Kendal, lanjut Haryo, kemudian datang dan menerima penyerahan satwa langka tersebut. Penyeranhan elang brontok kepada petugas BKSDA Kendal itu disaksikan Kanit Sabhara Polsek Sukorejo Ipda Yudhi Supada serta Bhabinkamtibmas Brigadir Slamet Heriyanto.

Elang brontok memang merupakan salah satu satwa liar yang dilindungi dari kepunahan. Satwa liar yang salah satunya ditemukan pingsan di kawasan Kendal itu merupakan burung yang hidup di kawasan Asia Selatan hingga Asia Tenggara, mulai India, Sri Lanka, Filipina, serta Indonesia. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya