SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

WONOGIRI — Jumlah pengunjung di Objek Wisata Waduk Gajah Mungkur (WGM) turun hingga 40%. Pada Minggu (10/2/2013) jumlah pengunjung hanya sekitar 1.700 orang, dari hari Minggu biasanya yang mencapai 2.500-3.000 orang.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Objek Wisata WGM, Agus Tri Harimulyanto, mengatakan berkurangnya pengunjung salah satunya disebabkan diambilnya satwa yang menjadi ikon WGM.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Banyak pengunjung yang menanyakan wahana itu [gajah]. Kami hanya bisa menjawab, gajahnya baru disekolahkan. Nanti kalau sudah pintar, akan kembali kesini,” katanya saat dihubungi Solopos.com, Selasa (12/2/2013).

Belum lama ini, pihaknya bersama dinas terkait telah mengadakan rapat dengan Sekda Wonogiri, Budiseno. Saat rapat itu, ia berharap 12 hewan yang diambil Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Tengah bisa dikembalikan ke WGM.

“Saat itu, Pak Sekda berencana mengambil kembali hewan tersebut sesuai prosedur untuk dikembalikan ke WGM. Kami berharap, itu bisa direalisasikan walaupun dengan biaya yang cukup besar. Kami hanya tidak ingin terjadi trauma psikologis pada pawang hewan karena pengunjung terus mempertanyakan wahana gajah tersebut,” ujarnya.

Terkait target pendapatan waduk, Agus menyatakan hal itu akan mempengaruhinya. Sebab, lanjut dia, gajah merupakan salah satu ikon dan wahana unggulan di WGM. Pihaknya harus memutar otak untuk mencari acara baru sebagai pengganti wahana tersebut agar menarik pengunjung ke WGM. Acara tersebut di antaranya menggelar pentas musik di luar hari Minggu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya