SOLOPOS.COM - Warga melihat kobaran api kebakaran tangki minyak milik Pertamina RU VI Balongan di desa Sukaurip, Balongan, Indramayu, Jawa Barat, Selasa (30/3/2021) malam. (Antara)

Solopos.com, BANDUNG-- Tangki kilang minyak Pertamina Balongan Indramayu yang sempat padam kembali memunculkan api. Kobaran api itu berintensitas kecil.

Informasi dihimpun, api kembali muncul pada Kamis (1/4/2021) malam. Api menyembur di tangki T-301 kilang minyak Balongan, Indramayu.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

"Iya muncul lagi apinya. Tapi intensitasnya kecil," ucap Kabid Humas Polda Jabar Kombes Erdi A Chaniago saat dikonfirmasi.

Baca juga: Selain Zakiah Aini Serang Mabes Polri, Berikut Rentetan Teror Di Markas Polisi

Erdi menuturkan api yang muncul itu di salah satu dari tiga tangki yang sudah padam. Sekadar diketahui, sebelumnya tiga tangki dinyatakan padam dari kebakaran. "Iya di salah satu [dari tiga tangki]," kata dia.

Erdi menambahkan saat ini api yang muncul kembali di salah satu tangki itu masih dalam penanganan oleh tim gabungan. Tim masih melakukan upaya pemadaman.

"Sudah ditangani. Jadi petugas Pertamina Balongan dan tim lainnya sudah melakukan upaya pemadaman," tutur dia.

Baca Juga: Heboh Desain Garuda Istana Negara Ibu Kota Baru, Dikritisi Arsitek Dibela Pemerintah

Menunggu Situasi Kondusif

Pihak kepolisian masih menunggu situasi benar-benar kondusif untuk mulai melakukan penyelidikan penyebab kebakaran kilang minyak Pertamina di Balongan, Indramayu. Sejauh ini, dari empat tangki yang terbakar, masih ada satu tangki yang tengah dalam proses pemadaman.

"Untuk sementara kita ketahui bahwa tangki jumlahnya empat itu tiga sudah padam satu lagi sedikit lagi. Kita menunggu semua padam, dilakukan pendinginan kemudian kita laksanakan penyelidikan," ujar Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Erdi A Chaniago di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung, Kamis.

Erdi menuturkan tim dari Puslabfor Mabes Polri dan forensik Polda Jabar sudah bersiap di Indramayu. Sehingga begitu kebakaran tersebut dipastikan aman, tim akan mulai melakukan penyelidikan dengan dimulai dari olah TKP.

"Karena kalau olah TKP situasi harus aman. Keamanan dari kepolisian sendiri, di mana apabila dilakukan berisiko apabila dikatakan belum aman oleh Pertamina, kita menunggu," tutur dia.

Baca Juga: Visual Billboard Di Soloraya Banyak Yang Raib, Pelakunya Diduga Bukan Orang Sembarangan

Disinggung adanya dugaan tindak pidana atau sabotase dalam kejadian itu, Erdi belum bisa menyimpulkan. Pihaknya masih akan menunggu hasil dari penyelidikan.

"Kita lihat dulu hasil lidik. Labfor akan bekerja secara profesional mencari penyebabnya. Kalau bilang ada sabotase kebocoran dan sebagainya. Tetapi secara profesional dari labfor akan melaksanakan olah TKP," kata dia.

Sebelumnya diberitakan, kebakaran terjadi di kilang minyak PT Pertamina RU VI Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Senin (29/3/2021), pukul 00.30 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya