Satu Sisi Tubuhnya Lemah, Tukul Arwana Butuh 3 Bulan untuk Pemulihan

Saat konferensi pers secara virtual, tim dokter dari Rumah Sakit Pusat Otak Nasional (RS PON) menjelaskan Tukul Arwana butuh waktu kurang lebih 3 bulan untuk pemulihan.

 Tukul Arwana. (Instagram/@tukul.arwanaofficial)

SOLOPOS.COM - Tukul Arwana. (Instagram/@tukul.arwanaofficial)

Solopos.com, SOLO-Sebagian tubuhnya lemah, sehingga Tukul Arwana butuh waktu tiga bulan untuk pemulihan. Setelah dioperasi, pria yang mempopulerkan kalimat “Kembali ke laptop” itu dirawat di ruang semi-intensif. Ia pun mendapatkan pemantauan ketat dari tim dokter.

Untuk mempercepat pemulihan, Tukul Arwana akan menjalani beberapa pengobatan salah satunya adalah fisioterapi.  Meskipun masih terbaring lemah, namun kondisi Tukul Arwana semakin hari semakin baik.

Saat konferensi pers secara virtual, tim dokter dari Rumah Sakit Pusat Otak Nasional (RS PON) menjelaskan Tukul Arwana butuh waktu kurang lebih 3 bulan untuk pemulihan.

“Gangguan yang muncul yaitu kelemahan satu sisi badannya, sudah disampaikan bahwa tiga bulan untuk proses pemulihannya,” ujar dr Sardiana Salam seperti dikutip dari Detik.com, Selasa (28/9/2021).

“Penyembuhan butuh waktu berapa lama berdasarkan fase akutnya yaitu 21 hari untuk fase akut pada stroke perdarahan,” ungkap Sardiana Salam.

Baca Juga: Tukul Arwana Sempat Alami Hipertensi

“Yang kami sudah sampaikan di awal, kami ada tim neurorestorasi yang ke depannya akan memberikan pelatihan dari sisi fisioterapi, okupasi terapi, terapi syaraf sampai dalam tiga bulan itu akan kita berikan pelatihan,” bebernya.

Kendati demikian, pria yang ngetop lewat Empat Mata itu mulai bisa merespons ketika diajak komunikasi dengan menggerakkan anggota tubuhnya.

“Jadi pada prinsipnya, pas melakukan tindakan sudah mendapatkan respons yang sangat baik pada pasien. Lalu untuk pemulihan secara literatur memang fase akut itu kurang lebih sekitar tiga minggu. Tapi untuk penyerapan sempurna dari pecahnya pembuluh darah seperti ini, untuk darah murni diserap seperti itu kurang lebih butuh waktu sekitar 8-12 minggu secara literatur. Tapi dalam fase itu diharapkan itu pun juga tergantung dengan masing-masing respons pasien sebenarnya,” beber dr Arief Rahman Kemal.

Keluarga dan dokter berharap semoga Tukul Arwana bisa cepat mengalami pemulihan. Mereka pun memohon doa untuk hal tersebut.

Baca Juga: Begini Cara Mencuci Beras yang Benar Agar Nutrisinya Terjaga

“Jadi diharapkan dengan seiring berjalannya waktu, fase akutnya sudah terlewati, diharapkan pemulihannya lebih intensif lagi dilakukan di ruangan neurorestorasi. Kita akan melakukan secara intensif, fisioterapi intensif, okupasi terapi intensif, itu yang perlu kita lakukan untuk beliau,” papar dr Arief Rahman Kemal.

“Saya mewakili keluarga besar Tukul Arwana memohon doanya rekan-rekan semua agar beliau segera pulih, segera Kembali beraktivitas, kembali menghibur seluruh masyarakat Indonesia,” tutup manajer Tukul Arwana, Rizky Kimon.

 


Berita Terkait

Espos Premium

Berita Terkini

Jadwal Bioskop XXI Hari Ini (22/10/2012): Ada Banyak Film Seru

Berikut ini terdapat jadwal bioskop XXI hari ini, Sabtu, 23 Oktober 2021 di Kota Solo, Jawa Tengah, yang tayang banyak film seru.

Lirik Lagu Sisa Rasa - Mahalini

Berikut ini lirik lagu Sisa Rasa dari Mahalini yang tayang pada Jumat, 22 Oktober 2021 di Youtube dan trending.

Jempol, 2 Penyanyi dan 3 Musikus Solo Nominasi AMI Awards 2021

Aditya bersama grupnya Aditya Ong Trio masuk kategori Karya Produksi Instrumentalia Terbaik lewat karya berjudul a New Life.

Tewaskan Kru Film, Alec Baldwin Bebas dari Hukuman?

Hingga saat ini, tidak ada tuntutan untuk Alec Baldwin atas insiden mengerikan itu.

Keren! Seniman Indonesia Turut Andil di Video Musik Coldplay x BTS

Pengambilan gambar untuk video musik lagu Coldplay x BTS tersebut dilakukan di Barcelona dan Seoul. 

Ini Profil Alec Baldwin, Aktor Hollywood yang Tembak 2 Kru Film

Dua korban penembakan pistol oleh Alec Baldwin itu adalah seorang sinematografer bernama Halyna Hutchins dan sutradara Joel Souza.

Dor! Alec Baldwin Tembakkan Pistol, Satu Kru Film Meninggal, Satu Luka

Insiden Alec Baldwin tembakkan pistol itu terjadi di lokasi syuting film independen Rust.

Instagram Rachel Vennya Hilang, Termasuk Bukti Foto Liburan di Bali

Hilangnya Instagram Rachel Vennya diduga masih karena kasus kabur dari karantina di Wisma Atlet yang tengah ramai dibicarakan.

Jennifer Jill Akui Tak Dapat Materi dari Ajun Perwira, Tapi Dapat Ini

Meski tak dapat materi berlimpah dari Ajun Perwira, Jennifer Jill Supit mengaku hatinya justru tenang dan bahagia.

BTS Gelar Konser di JIS, Intip Fasilitas Stadion Terbesar di RI Ini

Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (JakPro) Widi Amanasto mengatakan BTS berencana menggelar konser di JIS tahun depan. 

Selamat! Jessica Iskandar dan Vincent Verhaag Resmi Menikah

Jessica Iskandar  dan Vincent Verhaag mengucapkan ikrar dan sumpah pernikahan di Ayana Midplaza, Sudirman, Jakarta Pusat.

Polisi Selidiki Keaslian Pelat RFS di Mobil Rachel Vennya

Di sejumlah media sosial seperti Tiktok dan Twitter, tak sedikit warganet membahas soal keaslian pelat RFS di mobil Rachel Vennya.

Rachel Vennya Naik Mobil dengan Pelat RFS, Begini Respons Warganet

Mobil berpelat RFS  yang dinaiki Rachel Vennya seusai menjalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya rupanya menarik perhatian warganet. 

Sahabat Beri Bukti Rachel Vennya Lakukan Karantina Sepulang dari Dubai

Tak hanya memberikan dukungan, sahabat Rachel Vennya ini juga memberikan bukti bahwa tuduhan tidak melakukan karantina sebanyak dua kali itu tidak benar.

Manga Jepang Era 1990-an Ini Belum Tamat Sampai Sekarang

Ada sejumlah manga Jepang yang terbit pada 1990-an dan kisahnya masih dinanti para penggemarnya lantaran belum tamat sampai sekarang.